PM Skotlandia Tak Pernah Ragukan Jiwa Patriotik Sean Connery

Minggu, 01 November 2020 - 01:21 WIB
loading...
PM Skotlandia Tak Pernah Ragukan Jiwa Patriotik Sean Connery
Sebagai orang Skotlandia, Sir Thomas Sean Connery merupakan salah satu pendukung berat kemerdekaan negara kelahirannya tersebut. / Foto: Daily Record
A A A
JAKARTA - Kematian aktor legendaris Sir Sean Connery meninggalkan duka yang begitu mendalam, baik terhadap orang-orang terdekatnya maupun khalayak yang lebih luas. Aktor yang dikenal namanya usai membintangi film perdana James Bond berjudul Dr. No (1962) itu meninggalkan banyak warisan dalamkehidupannya.

(Baca juga: Sean Connery, Aktor Pemeran James Bond Terbaik Tutup Usia )

Seperti diberitakan sebelumnya, aktor kelahiran Edinburgh, Skotlandia, 25 Agustus 1930 itu mengembuskan napas terakhir, setelah cukup lama mengidap penyakit. Sean Connery memejamkan mata untuk selama-lamanya di tempat tinggalnya di Bahama, Sabtu (31/10).

Sebagai orang Skotlandia , Sean merupakan salah satu pendukung berat kemerdekaan Skotlandia. Dia bahkan menyematkan kata Scotland Forever di tato lengannya saat mengabdi di Angkatan Laut Kerajaan Inggris.

Ketika dia diberi gelar ksatria oleh Ratu Elizabeth II pada 2000 di Holyrood Palace di Edinburgh, Sean, yang saat itu berusia 69 tahun, tampil dengan busana tradisional Skotlandia lengkap dari klan MacLeod, yang dia warisi dari ibunya.

(Baca juga: Sean Connery, Pengantar Susu yang Sukses Sebagai Mata-Mata 007 )

Jiwa patriotik Sean Connery ini pun sangat diingat oleh Perdana Menteri Skotlandia, Nicola Sturgeon. "Sean adalah legenda global, tetapi yang pertama dan terpenting, dia adalah seorang Skotlandia yang patriotik dan bangga terhadap negaranya," ungkap Nicola seperti dikutip Reuters, Sabtu (31/10).

"Kehadirannya yang menjulang tinggi pada pembukaan Parlemen Skotlandia merupakan tanda dedikasinya kepada negaranya," imbuhnya.

"Dia adalah pendukung seumur hidup dari Skotlandia yang merdeka dan kami yang memiliki keyakinan itu berutang budi padanya," katanya lagi.

PM Skotlandia Tak Pernah Ragukan Jiwa Patriotik Sean Connery
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1604 seconds (0.1#10.140)