5 Cara Menghilangkan Perut Buncit dan Mengatasi Diet

Selasa, 03 November 2020 - 19:47 WIB
loading...
5 Cara Menghilangkan Perut Buncit dan Mengatasi Diet
Jika Anda mengkhawatirkan berat badan dan metabolisme yang lambat, ada langkah yang dapat dilakukan untuk membantu mendapatkan perut rata dan merasa lebih baik. Foto/Shutterstock.
A A A
JAKARTA - Memiliki metabolisme yang lebih tinggi dapat membantu membakar lebih banyak kalori dan menurunkan berat badan lebih cepat, sekaligus memberi tubuh lebih banyak energi. Memang benar bahwa beberapa orang memiliki metabolisme yang lebih cepat daripada yang lain. Namun, seberapa cepat tubuh Anda membakar kalori mungkin bergantung pada beberapa faktor.

Ada sedikit bukti yang mendukung klaim bahwa metabolisme yang lamban adalah penyebab kenaikan berat badan. Jika Anda mengkhawatirkan berat badan dan metabolisme yang lambat, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk membantu mendapatkan perut rata dan merasa lebih baik. (Baca juga: Tak Suka Sayuran? Anda Bisa Siasati dengan 7 Cara Ini )

Pada dasarnya, metabolisme adalah istilah yang menggambarkan semua proses kimiawi yang berlangsung terus menerus di dalam tubuh untuk membuat tetap hidup dan semua organ berfungsi, seperti memperbaiki sel, bernapas dan mencerna makanan. Beberapa faktor seperti usia, jenis kelamin, gen, jumlah aktivitas fisik, dan pola makan dapat memengaruhi kecepatan metabolisme.

Ingin tahu apa yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan metabolisme? Berikut beberapa tips untuk meningkatkan metabolisme dan membantu mencapai tujuan penurunan berat badan lebih cepat dilansir dari Times Now News, Selasa (3/11).

1. Tetap berpegang pada rutinitas olahraga
Berolahraga setiap hari membantu membakar lebih banyak kalori, terutama jika melakukan aktivitas seperti berenang atau bersepeda yang meningkatkan detak jantung. Aktivitas fisik secara teratur menjadi semakin penting seiring bertambahnya usia karena secara alami kehilangan massa otot, yang memperlambat metabolisme. Jadi, menjaga rutinitas kebugaran baik berlari atau zumba, akan mengatur ulang dan meningkatkan metabolisme, membantu membakar lebih banyak kalori dan menurunkan berat badan dengan cepat.

2. Sertakan latihan intensitas tinggi
Penelitian menunjukkan bahwa latihan interval intensitas tinggi dapat meningkatkan laju metabolisme daripada jenis latihan lainnya, membantu tubuh membakar lebih banyak lemak bahkan setelah latihan selesai. Misalnya, satu penelitian yang melibatkan pria muda yang kelebihan berat badan melaporkan bahwa melakukan latihan intensitas tinggi selama 12 minggu menghasilkan pengurangan massa lemak sebesar 4,4 pon (2 kg) dan lemak perut sebesar 17%.

3. Lakukan latihan kekuatan
Cobalah melakukan beberapa aktivitas penguatan otot yang melatih semua kelompok otot utama, termasuk perut, dada, lengan, kaki, pinggul, punggung, dan bahu. Usahakan melakukannya selama dua hari atau lebih dalam seminggu untuk meningkatkan massa otot, yang akan membantu menurunkan berat badan. (Baca juga: Ibnu Jamil Tak Pungkiri Bisa Dekat dengan Ririn Ekawati karena Kopi dan Mi )

4. Lebih banyak berdiri
Duduk lama telah dijuluki merokok baru. Duduk terlalu banyak dapat membahayakan kesehatan, termasuk risiko kenaikan berat badan yang tidak sehat yang lebih tinggi karena membakar lebih sedikit kalori. Jika pekerjaan mengharuskan duduk, cobalah untuk berdiri secara teratur atau pertimbangkan untuk berinvestasi di meja berdiri.

5. Makan makanan yang sehat
Mengkonsumsi makanan dan minuman tertentu dapat membantu meningkatkan metabolisme, seperti makanan pedas yakni paprika, teh hijau, kopi. Mendapatkan jumlah protein yang cukup dari makanan dapat membantu meningkatkan metabolisme sehingga tubuh lebih terbakar kalori.

Membuat perubahan gaya hidup sederhana dan mematuhinya dapat meningkatkan metabolisme dan membantu mencapai tujuan penurunan berat badan.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1551 seconds (0.1#10.140)