Lewat From Us for Earth, Kaum Milenial Diajak Peduli pada Lingkungan

Rabu, 04 November 2020 - 23:23 WIB
loading...
Lewat From Us for Earth, Kaum Milenial Diajak Peduli pada Lingkungan
Kegiatan From Us For Earth 2020 tingkat nasional diharapkan bisa menjadi percikan awal dari sebuah gerakan aksi peduli lingkungan di kalangan remaja. / Foto: Sekolah Alam Cikeas
A A A
JAKARTA - SMA Sekolah Alam Cikeas belum lama ini menggelar kegiatan From Us For Earth (FUFE), sebuah kegiatan yang bertujuan mengajak generasi milenial peduli pada lingkungan. Kegiatan yang dikuti 60 peserta dari seluruh Indonesia berupa lomba gaya hidup ramah lingkungan yang dapat diterapkan di sekolah.

(Baca juga: Ingin Terhindar dari Diabetes? Gampang, Terapkan Saja Pola Hidup Sehat! )

Menurut Kepala Sekolah SMA Sekolah Alam Cikeas, Maisyafriana, lomba tersebut terbuka untuk siswa-siswi tingkat SMP dan SMA di seluruh Indonesia. "Lomba berupa rancangan ide yang dituangkan dalam bentuk proposal. Lomba ini melatih kemampuan siswa siswi dalam berkolaborasi, berpikir kritis, kreatif dan mampu memecahkan masalah," tutur Maisyafriana dalam webinar, baru-baru ini.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Sekolah Alam Cikeas, Kunti Indra K, menyambut baik ajang tersebut. "Setiap kata bermakna bagi semesta, setiap aksi berarti bagi bumi, setiap Anda adalah juara," ungkap Kunti penuh semangat.

Dalam tahun pertama penyelenggaraannya, From Us For Earth berfokus mengajak kaum milenial menemukan ide kreatif untuk melakukan gerakan kepedulian terhadap lingkungan. Hal itu diharapkan bisa menjadi sebuah gaya hidup ramah lingkungan baik di rumah atau di sekolah.

Peserta merancang ide yang berkaitan tentang aksi nyata dalam mewujudkan kepedulian terhadap lingkungan . Ide yang dirancang merupakan bentuk aksi nyata yang sederhana dan mudah diaplikasikan di rumah, sekolah maupun lingkungan sekitar. Selanjutnya ide dituliskan dalam bentuk proposal dan dipresentasikan secara online.

"Kami pikir sebuah pergeseran yang mengarah kepada gerakan Indonesia peduli lingkungan tidak dapat terjadi dalam sekejap. Perubahan secara bertahap memerlukan aksi-aksi kecil berkelanjutan yang dapat diimplementasikan dalam kehidupan kita," ucap Ketua OSIS Energia SMA Sekolah Alam Cikeas, Rafa Nugroho.

Setelah melalui proses penjurian dan rangkaian webinar yang cukup panjang, panitia akhirnya menentukan pemenang untuk Tingkat SMA. Juara 1 direbut MAN Sumatera Selatan, dengan judul proposal AUNTY: Aksesoris Unik Terjamin Nyaman. Juara 2 diraih SMAN 5 Malang, lewat Optimalisasi Potensi Buah Maja (Aegle marmelos L.) dan Daun Ceri (Muntingia calabura) sebagai Energi Alternatif Berbasis Renewable Resources. Sementara juara 3 disabet SMAN 1 Kuta Selatan, dengan Kampanye Zero Waste Food Lifestyle Sebagai Upaya Melindungi Bumi dari Pemanasan Global.

Sedangkan tingkat SMP, juara 1 adalah SMP Citra Alam Ciganjur, dengan proposal Wayang Plastik, juara 2 dimenangkan SMP Sekolah Alam Indonesia melalui Junk Mania: Social Movement Project. Sedangkan juara 3 dari SMPN 1 Bandar Sribhawono, dengan proposalnya berjudul Aksi Nyata Generasi X dalam Upaya Menyelamatkan Bumi.

Rafa berharap, acara From Us For Earth 2020 tingkat nasional dapat menjadi percikan awal dari sebuah gerakan aksi peduli lingkungan di kalangan remaja. Dia juga berkeinginan agar para pemenang dan juga para peserta From Us For Earth 2020 tingkat nasional dapat menjadi agen-agen yang mendorong perubahan di masa yang akan datang.

(Baca juga: Mirip Raffi Ahmad, Penjual Bakso Ini Ditawari Kuliah )

"Saya sebagai Ketua OSIS Energia SMA Sekolah Alam Cikeas masa bakti 2020-2021 berharap agar acara kami yang sukses ini dapat diselenggarakan kembali di tahun-tahun depan dengan lebih meriah dan lebih seru lagi," pungkasnya.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2025 seconds (0.1#10.140)