7 Penyakit yang Dapat Dicegah dengan Cuci Tangan, Flu hingga Covid-19

Selasa, 10 November 2020 - 10:05 WIB
loading...
7 Penyakit yang Dapat Dicegah dengan Cuci Tangan, Flu hingga Covid-19
Menggosokkan sabun ke setiap bagian tangan selama 20 detik dapat menghilangkan kuman dari kulit, termasuk virus yang mematikan, seperti covid-19 dan norovirus. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Saat tangan bersentuhan dengan berbagai orang, hewan, makanan, dan permukaan, tangan mengambil ribuan kuman, bakteri, virus , dan berbagai macam hal buruk lainnya yang dapat membuat sakit jika masuk ke tubuh.

Faktanya, setiap orang menyentuh mata, hidung, dan mulut dengan tangan lebih dari yang dikira, dan ini memungkinkan inokulasi langsung kuman ke dalam selaput lendir. (Baca juga: Menenangkan serta Merawat Kulit Wajah yang Sensitif )

"Kita juga menggunakan tangan untuk menyiapkan dan menyantap makanan, sehingga tangan yang tidak bersih dapat mencemari makanan yang akan kita dan orang lain makan," jelas Jan et Haas, PhD, RN selaku Direktur Epidemiologi di Lenox Hill Hospital.

Namun, cuci tangan memiliki kekuatan untuk meminimalkan atau bahkan menghilangkan risiko tersebut, baik untuk Anda dan orang di sekitar. Hanya 5% orang yang cuci tangan dengan cara yang benar-benar membersihkannya, menurut sebuah penelitian di Journal of Environmental Health.

Haas mengatakan menggosokkan sabun ke setiap bagian tangan selama 20 detik dapat menghilangkan kuman dari kulit. Hindari mematikan keran dengan tangan yang sudah bersih. Sebagai gantinya, gunakan handuk, pergelangan tangan, atau siku untuk menjaga tangan tetap bersih.

“Terus gosok selama 20 detik, pastikan ada sabun di antara jari dan di punggung tangan dan jangan lupa ibu jari,” kata Haas. Penyakit berikut ini hanyalah beberapa di antara yang dapat dicegah dengan cuci tangan secara menyeluruh. Berikut ulasannya dilansir dari Reader's Digest.

1. Virus corona
Sering cuci tangan dan menghindari kontak dengan permukaan yang sering disentuh, seperti kenop pintu, gagang, dan kancing, adalah salah satu cara terbaik untuk melindungi diri Anda dari COVID-19. Menurut Health Canada, Anda harus sering cuci tangan dengan sabun dan air hangat setidaknya selama 20 detik. Jika sabun dan air tidak tersedia, disarankan untuk menggunakan hand sanitizer yang mengandung setidaknya 60% alkohol. Anda juga harus menghindari menyentuh mata, hidung, atau mulut dengan tangan yang belum dicuci. (Baca juga: Song Hye Kyo Comeback sebagai Perancang Busana di Drama Terbaru )

2. Norovirus
Hanya dibutuhkan satu partikel norovirus untuk membuat Anda sakit, bukan antara 50 dan 100 partikel virus flu. Namun, cuci tangan dapat membantu mencegah berbagai macam masalah saluran cerna yang diakibatkan oleh sakit perut. Cuci tangan mengalahkan penggunaan hand sanitizer berbasis alkohol yang tidak efektif melawan norovirus dan mendisinfeksi permukaan dengan kuat. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di Royal Society Open Science, permukaan gerusan hanya mengurangi transmisi hingga maksimal 60%, sementara cuci tangan dapat sepenuhnya menghentikan wabah.

3. Flu
Flu bisa mematikan dan tidak hanya bagi mereka usia muda, tua, atau sistem kekebalannya lemah. Selain mendapatkan vaksinasi flu, cuci tangan merupakan langkah pencegahan utama, terutama jika Anda tanpa disadari terkena kuman flu.

Setiap penyakit menular memiliki apa yang disebut masa inkubasi atau waktu antara ketika Anda terpapar dan ketika Anda sakit dan beberapa memiliki prodrome ketika Anda mulai merasa sakit tetapi tidak memiliki tanda dan gejala khusus untuk penyakit tertentu. Dalam banyak kasus, penyakit menular seperti influenza, dapat ditularkan sebelum seseorang memiliki tanda dan gejala penyakit. Cuci tangan dapat memastikan Anda tidak menginfeksi diri sendiri tanpa disadari.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1362 seconds (0.1#10.140)