Lebih Sering Gunakan Masker, Risiko Terinfeksi Covid-19 Berkurang

loading...
Lebih Sering Gunakan Masker, Risiko Terinfeksi Covid-19 Berkurang
Memakai masker bukan hanya tentang menjauhkan kuman orang sakit dari orang sehat, tetapi juga secara langsung membantu melindungi setiap pemakai masker. / Foto: SINDOnews/Yorri Farli
A+ A-
JAKARTA - Menggunakan masker adalah langkah sederhana dan efektif yang dapat dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Ini karena memakai masker wajah membantu orang menyimpan kumannya sendiri, dan menghindari penyebaran virus ke inang baru.

(Baca juga: Cegukan Terus Menerus Bisa Jadi Pertanda Serangan Jantung)

Namun dalam panduan baru yang diunggah ke situs webnya, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS menyebutkan bahwa memakai masker juga dapat mengurangi paparan droplet melalui penyaringan.

Dengan kata lain, CDC hendak menyampaikan bahwa memakai masker bukan hanya tentang menjauhkan kuman orang sakit dari orang sehat, tetapi juga secara langsung membantu melindungi setiap pemakai masker, dengan mencegah mereka terkena infeksi baru juga.



Badan tersebut bahkan mengatakan bahwa kombinasi dari kendali sumber (dari orang sakit) dan perlindungan pribadi untuk pemakai masker dari semua orang dalam masyarakat yang memakai masker, kemungkinan besar saling melengkapi, dan sinergis.

Ini cukup berbeda dari apa yang disarankan CDC pada awal pandemi, ketika badan tersebut menekankan bahwa masker hanya perlu dipakai oleh orang yang terinfeksi, dan petugas kesehatan serta orang lain yang merawat mereka, untuk membantu mencegah droplet.

Lebih Sering Gunakan Masker, Risiko Terinfeksi Covid-19 Berkurang




Seperti dilansir Science Alert, Kamis (12/11), dalam laporan ilmiah barunya, CDC mengutip beberapa studi terbaru, yang semuanya menunjukkan bahwa jika lebih banyak masker dipakai, risiko infeksi virus corona berkurang.
halaman ke-1 dari 2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top