Cara Optimalkan Nutrisi Anak Picky Eater

Minggu, 15 November 2020 - 14:30 WIB
loading...
Cara Optimalkan Nutrisi Anak Picky Eater
Anak dengan kurva pertumbuhan normal maupun anak yang mengalami gangguan pertumbuhan memerlukan nutrisi. Foto Ilustrasi/Getty Images
A A A
JAKARTA - Sebagai orangtua, memastikan kesehatan anak selalu terjaga dengan baik adalah prioritas utama, terlebih dalam kondisi seperti sekarang.

Anak dengan kurva pertumbuhan normal maupun anak yang mengalami gangguan pertumbuhan memerlukan nutrisi untuk pemenuhan kebutuhan energi sekaligus mendukung pertumbuhan optimal. Selain itu, nutrisi dalam jumlah cukup juga dapat membangun imun tubuh yang kuat.

( )

Ada beberapa nutrisi penting, termasuk protein, seng (zinc), vitamin A, C, D, dan E, yang berperan dalam mengatur, membangun, serta memperkuat sistem imun tubuh. Nutrisi-nutrisi ini dapat ditemukan dalam makanan bergizi seperti protein tanpa lemak, buah-buahan, sayuran, produk susu, polong-polongan, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Berikut beberapa tips mengoptimalkan nutrisi dalam makanan anak yang picky eater sesuai rekomendasi Abbott Nutrition.

1. Beri anak pilihan makanan bergizi. Anak-anak akan lebih suka jika mengonsumsi asupan atas pilihan sendiri. Berikan beberapa pilihan sayuran untuk mereka pilih dan dorong anak untuk mengonsumsinya.

2. Jangan menyerah. Anak-anak mungkin akan menolak satu kali, dua kali, atau bahkan lima kali. Tapi, teruslah tawarkan hingga akhirnya mereka akan mencoba dan belajar menyukainya.

3. Jadikan makan sebagai sesuatu yang fun. Bentuklah wajah dan sosok yang menarik dari pilihan makanan bergizi. Atau jika memungkinkan, jadikan kegiatan makan sebagai proyek bersama si kecil.

( )

Konsistensi memberikan asupan nutrisi yang baik untuk menjaga imun dan kesehatan akan membuat si kecil merasa lebih baik, dan Anda sebagai orangtua, juga akan merasa lebih baik. Vitamin, mineral, dan protein berperan penting dalam memelihara sistem imun untuk tetap kuat.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1017 seconds (0.1#10.140)