Lezatnya Bebek Timbungan yang Mengusung Resep Kerajaan Bali

Minggu, 15 November 2020 - 21:03 WIB
loading...
Lezatnya Bebek Timbungan yang Mengusung Resep Kerajaan Bali
Bebek timbungan adalah makanan khas Bali yang biasanya dihidangkan untuk para raja. Foto/SINDOnews/Iman Firmansyah
A A A
DENPASAR - Bali merupakan destinasi favorit wisatawan mancanegara dan lokal. Selain wisata alamnya yang memukau, Pulau Dewata juga memiliki sederet makanan khas yang menggugah selera. Salah satunya bebek timbungan, yang bisa Anda temui di Restoran Bebek Timbungan, Secret Garden Village, Bedugul, Bali.

Bebek Timbungan adalah makanan khas Bali yang biasanya dihidangkan untuk para raja dan terdapat pada beberapa lontar dharma caruban (buku yang mengatur cara masak) Upacara Adat di Bali serta diambil dari kata "tim" yang berarti dikukus dan "embung" yang berarti bambu. Sehingga bebek timbungan adalah menu yang diproses dengan cara mengukus menggunakan bambu.

( )

“Memberi nama Bebek Timbungan kepada resto kami ingin melestarikan menu tradisional Bali yang tidak terlalu familiar di telinga masyarakat. Kebanyakan menu Bali identik dengan sambal matah, betutu, dan lain-lain. Padahal masih ada banyak sekali makanan tradisional Bali yang memiliki cita rasa unik,” kata Media & Public Relations PT Natura Pesona Mandiri Auberta Dinda, beberapa waktu lalu.

Menu bebek timbungan disajikan setelah melalui proses memasak hampir 12 jam untuk mendapatkan tekstur yang diinginkan serta bumbu yang dapat menyerap sempurna sampai ke dalam lapisan daging bebek . Selain itu, proses tersebut juga mampu menghilangkan bau amis daging bebek.

“Dalam proses memasaknya, perlu teknis khusus untuk mengetahui tekstur dan karakter bebek karena jika terlalu lama daging bisa hancur. Daging yang dipilih juga berasal dari bebek tua karena teksturnya yang sudah pas, kenyal, serta gurih untuk dipotong. Sementara bebek muda banyak air dan amis,” terang Dinda.

Bebek timbungan memiliki tekstur daging yang lembut dan mudah disantap. Selain itu dengan bumbu yang kaya rempah, hidangan ini juga memiliki sedikit rasa pedas. Agar lebih nikmat, bebek timbungan disajikan dengan tiga macam sambal yaitu sambal sambal ijo, sambal terasi, dan sambal matah. Beberapa makanan pendamping lain juga ada seperti sate lilit, bakwan jagung, urap kacang panjang, serta udang.

( )

Selain bebek timbungan, restoran ini juga memiliki menu khas Bali lain yang bisa dinikmati seperti kerang bumbu kacang, nasi panggang daun lotus, dan pisang goreng panas dingin.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2866 seconds (0.1#10.140)