Edukasi Manajemen Diabetes di Masa Pandemi lewat Telemedis

Senin, 16 November 2020 - 23:53 WIB
loading...
Edukasi Manajemen Diabetes di Masa Pandemi lewat Telemedis
Memperingatan Hari Diabetes Sedunia setiap 14 November, Good Doctor Technology Indonesia dan PERKENI meluncurkan Pantang Menyerah, Siaga Gula Darah. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Dalam rangka peringatan Hari Diabetes Sedunia setiap 14 November, Good Doctor Technology Indonesia bekerja sama dengan Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (PERKENI) meluncurkan program “Pantang Menyerah, Siaga Gula Darah”.

Melalui program ini, masyarakat dapat mengakses layanan konsultasi manajemen diabetes dari mitra dokter Spesialis PERKENI di platform Good Doctor dan diharapkan masyarakat bisa menerapkan pemeriksaan diabetes dan sistem manajemen diabetes secara teratur demi menjaga kondisi kesehatan mereka terutama di situasi pandemi COVID-19 yang cukup menantang. (Baca juga: 5 Makanan Penting Bagi Penderita Diabetes Tipe 2 )

Secara global terdapat sekitar 8% kasus COVID-19 yang dibarengi dengan diabetes, dengan angka kematian 3x lipat dibandingkan pasien pada umumnya. Sementara itu, data dari Kementerian Kesehatan RI menunjukkan bahwa diabetes adalah komorbid tertinggi kedua setelah hipertensi dalam kasus COVID-19 di Indonesia, yang dapat berujung pada kematian untuk beberapa kasus yang sudah fatal.

Ketua Umum PERKENI, Prof. DR dr. Ketut Suastika, Sp.PD (KEMD), mengatakan, PERKENI mengapresiasi kerja sama dan dalam melawan penyakit diabetes di Indonesia terutama selama masa pandemi.

“Kami mengajak masyarakat untuk dapat mengoptimalkan platform konsultasi telemedis untuk mendapatkan petunjuk atau rekomendasi seputar diabetes dari Dokter Spesialis Penyakit Dalam dan Spesialis Endokrinologi yang kredibel,” kata Prof Ketut dalam Media Gathering Virtual program “Pantang Menyerah, Siaga Gula Darah”, Senin (16/11).

PERKENI sendiri telah menyiapkan pedoman Penanganan Diabetes Mellitus di era Pandemi COVID-19 bagi pasien diabetes dan juga untuk tenaga medis, agar dapat memberikan layanan terbaik kepada pasien.

“Pedoman ini juga akan diterapkan oleh tim dokter PERKENI yang menjadi mitra dokter spesialis di Good Doctor demi memberikan pelayanan medis sesuai standar,” ungkap Prof Ketut.

Dalam program ini Good Doctor akan menyediakan layanan telekonsultasi seputar diabetes dengan mitra dokter PERKENI. Layanan ini bisa digunakan para pasien diabetes untuk berkonsultasi dan melakukan pengecekan kesehatan mereka. Selain itu, pasien juga bisa membeli obat, baik obat dengan resep atau yang dijual bebas tanpa harus pergi ke apotek, di dalam layanan HealthMall. (Baca juga: Ikatan Cinta hingga Masterchef Indonesia Bikin 4 TV MNC Media Kuasai 45% Pemirsa )

Head of Medical Management Good Doctor Technology Indonesia, dr. Adhiatma Gunawan mengajak masyarakat terutama mereka yang membutuhkan konsultasi terkait diabetes untuk berkonsultasi dengan mitra dokter yaitu Spesialis Penyakit Dalam dan Spesialis Endokrinologi.

“Kami berharap layanan ini dapat menjadi tambahan solusi bagi mereka yang menderita diabetes terutama di masa pandemi ini,” tutur dr Adhiatma.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1109 seconds (0.1#10.140)