Ingin Menunda Kerutan di Wajah? Gampang, Hindari Saja Makanan Ini!

loading...
Ingin Menunda Kerutan di Wajah? Gampang, Hindari Saja Makanan Ini!
Penuaan bisa ditunda dengan menghindari beberapa jenis makanan. Foto/IST
A+ A-
JAKARTA - Kerutan di wajah adalah hal yang paling dibenci oleh kaum hawa. Kerutan yang menandai penuaan ini akan bertambah seiring bertambahnya umur seseorang

Ada dua hal yang menjadi penyebab datangnya kerutan di kulit terutama wajah cepat terjadi. Pertama paparan sinar matahari dan kedua adalah adanya advanced gly cation end products (AGEs). Nah AGEs ini terjadi saat protein atau lemak perpadu dengan gula.

Baca juga : Ingin Kulit Sehat? Gampang Kok, Begini Tipsnya!

Meski tak penuaan tak bisa dihindari, tapi penuaan bisa ditunda. Menggunakan tabir surya dan pola makan yang sehat adalah kuncinya. Menjaga kulit awet muda dan mencegah penuaan diri secara alami sebenarnya bukan hal yang mustahil. Seperti dikutip Healthline, Anda cukup menghindari beberapa makanan berikut ini:



1. Gula
Konsumsi gula yang terlalu banyak akan merusak kolagen di kulit wajah. Hilangnya kolagen akan membuat kulit kusam dan cepat keriput. Bila ingin makanan Anda terasa manis, ada baiknya Anda mengganti gula dengan madu.

2. French fries
Kandungan garam yang tinggi dan proses memasak dengan menggoreng membuat makanan ini tidak sehat untuk kulit. Garam akan mengikat cairan tubuh dan membuat kulit cepat berkerut. Makanan yang digoreng dengan temperatur yang tinggi akan menghasilkan zat radikal bebas yang akan merusak kulit.

3. Margarin
Sebuah studi mengungkap bahwa kulit orang yang tidak mengonsumsi margarin dan mentega lebih sehat dibandingkan mereka yang mengonsumsinya. Kandungan lemak tak jenuh pada margarin membuat kulit rapuh bila teerpapar ultraviolet. Inilah yang membuat penuaan cepat datang.



Baca juga : Kulit Sehat Merupakan Langkah Awal untuk Tampil Cantik

4. Makanan olahan
Seperti halnya french fries, makan olahan seperti sosis, peperoni dan bacon mengandung garam dan lemak tak jenuh yang tinggi. Garam dan lemak tak jenuh akan menyerap cairan dan melemahkan kolagen di kulit. Kondisi inilah yang membuat kulit kering dan cepat keriput.

5. Kopi
Kopi mengandung kafein yang akan membuat Anda susah tidur. Kurang tidur bisa menyebabkan lingkaran hitam dan kerutan di sekitar mata. Sebagai gantinya teh hijau bisa menjadi pilihan minuman di sore atau malam hari.
(wur)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top