Ingin Kulit Sehat? Gampang Kok, Begini Tipsnya!

Minggu, 15 November 2020 - 07:47 WIB
loading...
Ingin Kulit Sehat? Gampang Kok, Begini Tipsnya!
Perawatan yang tepat akan membuat kulit sehat. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Kulit merupakan organ terbesar yang melindungi tubuh dari bakteri, gesekan, radiasi, hingga dehidrasi. Masalahnya, berbagai faktor eksternal seperti polusi, radiasi sinar UV, dan ruangan berpendingin udara dapat mempengaruhi kondisi kulit. Kulit manusia secara alami mengalami Transepidermal water loss dimana kulit kehilangan air dan emolien alami.

“Faktor-faktor eksternal tersebut semakin memperburuk kondisi kulit terutama kita yang tinggal di negara tropis," jelas dr. Edwin Tanihaha, SpKK. Kondisi cuaca yang ekstrem dapat merusak kulit dengan merusak emolien alami pada kulit.

Menurut dr. Edwin untuk mendapatkan kulit sehat, membersihkan kulit dengan tepat saja tidak cukup. Perawatan kulit harus dilengkapi dengan pelembab yang tepat untuk mencegah kulit menjadi kering, serta memastikan kulit juga terlindungi dari paparan sinar UV. Berikut tips mendapatkan kulit sehat:

Baca juga : Cobain deh, Produk Pro Collagen Elemis untuk Kulit Lebih Glowing

1. Cukup hidrasi tubuh
Tubuh yang terhidrasi membuat kulit tidak kering dan kelembaban menjadi terjaga. Maka itu penuhi kebutuhan tubuh akan cairan sebanyak kurang lebih dua liter per hari. Kurang minum akan membuat kulit kering dan mudah luka.

2. Pola makan Gizi seimbang
Setiap 28-30 hari sekali, tubuh memproduksi sel kulit baru. Tentunya, tubuh membutuhkan nutrisi lengkap seimbang untuk memproduksi kulit sehat, mulai dari karbohidrat, protein, dan lemak. Termasuk asupan mikronutrien seperti vitamin, mineral, serat, dan tidak lupa air.

3. Cukup tidur
Kurang tidur bukan hanya akan mempengaruhi kerja Otak namun juga membuat Kesehatan kulit menjadi terganggu. Idealnya penuhi kebutuhan tidur selama 8 jam per hari. Kurang tidur akan membuat regenerasi sel kulit menjadi terganggu. Kulit pun menjadi kusam.

Baca juga : Peserta Masterchef Indonesia Ditantang Sajikan Makanan Sehat buat Deddy Corbuzier

4. Olahraga rutin
Olahraga teratur membuat peredaran darah menjadi lancar dan sel-sel kulit pun mendapat distribusi yang baik dari darah yang mengalir lancar. Selain itu, olahraga membuat tubuh berkeringat. Racun-racun dan sumbatan di pori-pori kulit pun ikut keluar bersama keringat.

5. Maksimal bersihkan wajah.
Sisa makeup, debu yang menempel pada kulit, dan lainnya membuat kulit menjadi kotor. Bersihkan kulit setiap pagi hari dan selalu bersihkan wajah sebelum berangkat tidur malam hari.

6. Lindungi kulit
Kulit juga perlu dilindungi. Gunakan lotion pelembab setelah mandi dan sebelum tidur malam. Lindungi juga kulit dari sinar UV A dan UV B dengan menggunakan tabir surya (sun screen) dan payung, terlebih bila terpapar sinar matahari antara jam 10 pagi hingga 4 sore.

(wur)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0884 seconds (0.1#10.140)