Konsumsi Mangga Terbukti Kurangi Kerutan Wajah

Senin, 23 November 2020 - 21:35 WIB
loading...
Konsumsi Mangga Terbukti...
Mangga kaya akan beta-karoten serta menyediakan antioksidan yang dapat menunda kerusakan sel. Foto Ilustrasi/India Today
A A A
JAKARTA - Mangga, seperti buah dan sayuran lain, kaya akan beta-karoten serta menyediakan antioksidan yang dapat menunda kerusakan sel. Sebuah studi terkini dari para peneliti di University of California, Davis (UC Davis), menemukan bahwa makan mangga ataulfo, juga dikenal sebagai mangga madu atau champagne, dapat mengurangi kerutan wajah pada wanita yang lebih tua dengan kulit yang lebih cerah.

Studi tersebut dipublikasikan di jurnal Nutrients. Wanita pascamenopause yang makan setengah mangga ataulfo empat kali seminggu mengalami penurunan keriput dalam sebesar 23% setelah dua bulan dan penurunan 20% setelah empat bulan.

(Baca Juga: Susu vs Jus Jeruk, Mana yang Lebih Sehat Saat Sarapan? )

"Itu peningkatan signifikan pada kerutan. Wanita yang makan satu setengah cangkir mangga untuk periode waktu yang sama melihat peningkatan kerutan. Ini menunjukkan bahwa meski beberapa mangga baik untuk kesehatan kulit , terlalu banyak juga tidak baik," kata penulis utama riset tersebut, Vivien Fam, seorang mahasiswa doktoral di Departemen Gizi UC Davis, seperti dikutip dari Medical Xpress, Senin (23/11).

Para peneliti mengatakan, tidak jelas mengapa mengonsumsi lebih banyak mangga akan meningkatkan keparahan kerutan, tetapi berspekulasi bahwa itu mungkin terkait dengan jumlah gula yang kuat dalam porsi mangga yang lebih besar.

Studi percontohan klinis secara acak melibatkan 28 wanita pascamenopause dengan kulit Fitzpatrick tipe II atau III (kulit yang lebih mudah terbakar daripada cokelat). Mereka dibagi menjadi dua kelompok yakni satu kelompok mengonsumsi setengah cangkir mangga empat kali seminggu selama empat bulan, dan kelompok lain mengonsumsi satu setengah cangkir untuk jangka waktu yang sama. Kerutan wajah dievaluasi menggunakan sistem kamera resolusi tinggi.

"Sistem yang kami gunakan untuk menganalisis kerutan memungkinkan kami untuk tidak hanya memvisualisasikan kerutan, tetapi juga mengukur kerutan," jelas Robert Hackman, profesor di Departemen Gizi sekaligus penulis terkait studi tersebut.

"Ini sangat akurat dan memungkinkan kami untuk menangkap lebih dari sekadar munculnya kerutan atau apa yang mungkin dilihat oleh mata," sambungnya.

(Baca Juga: Sekolah Tatap Muka Dimulai Januari 2021, Bagaimana Protokol Kesehatannya? )

Studi ini mengamati tingkat keparahan, panjang, serta lebar kerutan halus, dalam, dan muncul. Fam memaparkan, kelompok yang mengonsumsi setengah cangkir mangga mengalami peningkatan di semua kategori.

Fam menambahkan, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mempelajari mekanisme di balik pengurangan keriput. Itu mungkin karena efek menguntungkan dari karotenoid (pigmen tanaman orange atau merah) dan fitonutrien lain yang dapat membantu membangun kolagen.
(tsa)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Lanjut Baca Berita Terkait Lainnya
Berita Terkait
Bukan Keriput, Ini Tanda...
Bukan Keriput, Ini Tanda Penuaan Wajah yang Mulai Muncul di Usia 35 Tahun
Jangan Salah, Gula dari...
Jangan Salah, Gula dari Buah Juga Bisa Memicu Diabetes Semakin Parah
5 Buah Terbaik untuk...
5 Buah Terbaik untuk Ibu Hamil: Kaya Nutrisi, Baik untuk Kesehatan Ibu dan Janin
5 Buah Rendah Gula yang...
5 Buah Rendah Gula yang Aman untuk Diet, Tetap Manis dan Menyegarkan
Lab Indonesia 2026 Perkuat...
Lab Indonesia 2026 Perkuat Ekosistem Riset dan Industri Berbasis Teknologi
5 Buah Terbaik untuk...
5 Buah Terbaik untuk Sarapan Sehat dan Praktis, Bikin Energi Tahan Lama
GenIUS Expo 2026 Dorong...
GenIUS Expo 2026 Dorong Siswa Kembangkan Potensi Diri melalui Karya dan Inovasi
Jelajahi 197 Negara,...
Jelajahi 197 Negara, Peneliti Temukan Kesederhanaan Jadi Kunci Kebahagiaan
AS Kenalkan Mikroskop...
AS Kenalkan Mikroskop dengan Resolusi Detail hingga yang Terkecil
Rekomendasi
Jetour T1 Hadir Dua...
Jetour T1 Hadir Dua Rasa, Mana yang Lebih Layak Dibeli: ICE Rp388 Juta atau PHEV Rp538 Juta?
Harga Pertamax Naik,...
Harga Pertamax Naik, Pengamat UGM: Tak Bisa Ditahan Lagi Pemerintah
Gulkarmat Jakarta Evakuasi...
Gulkarmat Jakarta Evakuasi 26 Penumpang Kapal di Perairan Kepulauan Seribu
Berita Terkini
Menjelang 75 Tahun,...
Menjelang 75 Tahun, Kak Seto Beberkan 7 Kunci Hidup Sehat dan Bahagia untuk Lansia
Hadir di Jakarta Fair...
Hadir di Jakarta Fair 2026, KARA Rayakan Kekayaan Rasa Kelapa Lintas Generasi
Wamenkes Dante Ingatkan...
Wamenkes Dante Ingatkan Ancaman Aging Population, Lansia Indonesia Capai 12 Persen
16 Seniman Kontemporer...
16 Seniman Kontemporer Indonesia Boyong Skena Seni Jakarta ke Jepang
Mitos atau Fakta Golongan...
Mitos atau Fakta Golongan Darah O Rentan Kolesterol Tinggi? Ini Penjelasan Pakar IPB
Pianis Dunia Rueibin...
Pianis Dunia Rueibin Chen Akan Tampil di Jakarta, Bawakan Mahakarya Brahms
Infografis
Arkeolog Temukan Wajah...
Arkeolog Temukan Wajah Asli Pribumi Eropa Barat dari dalam Gua
Copyright ©2026 SINDOnews.com All Rights Reserved