Makanan Sehat untuk Trimester Pertama Kehamilan

Selasa, 24 November 2020 - 05:34 WIB
loading...
Makanan Sehat untuk Trimester Pertama Kehamilan
Sayuran hijau memiliki banyak zat bioaktif yang berperan penting selama kehamilan. Foto Ilustrasi/News24
A A A
JAKARTA - Makanan yang ibu hamil konsumsi memainkan peran penting selama periode kehamilan karena tubuh seorang wanita membutuhkan nutrisi tambahan selama masa kehamilan untuk pertumbuhan serta perkembangan janin. Jika ibu hamil kekurangan nutrisi, akan berdampak negarif dan memengaruhi kehamilan.

Perlu diketahui, mungkin ada beberapa masalah kesehatan yang timbul selama masa kehamilan seperti perdarahan pada vagina, diabetes gestasional, diare, atau kram perut yang parah. Karena itu, konsumsi makanan sehat sangat disarankan selama kehamilan demi memastikan kesehatan ibu dan bayi secara baik.

( )

Menurut beberapa penelitian, berbagai nutrisi seperti folat, zat besi, asam lemak omega-3, vitamin B12, dan kalsium sangat penting sekaligus dibutuhkan untuk bayi dan ibu selama trimester pertama kehamilan.

Seperti dilansir laman Boldsky, berikut daftar makanan sehat dengan nutrisi yang baik dan sangat bisa dikonsumsi selama trimester pertama kehamilan.

1. Bayam
Ibu hamil membutuhkan folat untuk berbagai kebutuhan metabolisme tubuh dan janin. Kandungan folat akan membantu dalam pengembangan sel darah merah selama perkembangan janin.

2. Susu dan Yoghurt
Produk-produk olahan susu seperti susu dan yoghurt banyak mengandung kalsium dalam jumlah yang baik sehingga sangat penting untuk kesehatan ibu hamil.

3. Salmon
Adanya kandungan DHA dan EPA yang termasuk dalam asam lemak omega-3 pada ikan dan makanan laut lain sangat membantu pertumbuhan dan perkembangan otak serta mata pada janin.

4. Sayuran Hijau
Sayuran hijau merupakan sumber utama kandungan nutrisi penting seperti magnesium, kalium, vitamin A dan C, serta folat. Sayuran hijau juga memiliki banyak zat bioaktif yang berperan penting selama kehamilan.

( )

5. Kacang-Kacangan
Selama trimester pertama, kehadiran protein dengan jumlah yang cukup sangat penting bagi kesehatan ibu dan janin karena protein dapat membantu pertumbuhan serta perkembangan janin yang cepat.

6. Daging Tanpa Lemak
Daging dan produk hewani dikenal mengandung nutrisi penting seperti vitamin B12 yang tidak dapat kita temukan dalam makanan dari dalam tanaman. Vitamin B12 dapat membantu dalam mengembangkan mielinisasi sistem saraf pusat.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1707 seconds (0.1#10.140)