Agar tak Cedera, Lakukan Pemanasan Sebelum Olahraga

Minggu, 22 November 2020 - 07:25 WIB
loading...
Agar tak Cedera, Lakukan Pemanasan Sebelum Olahraga
Sebelum olahraga sebaiknya lakukan pemanasan untuk mencegah cedera dan ketegangan otot. Foto/Orthomedix
A A A
JAKARTA - Melewatkan pemanasan dan langsung berolahraga dapat meningkatkan risiko cedera dan menambah ketegangan pada otot. Saat mempersiapkan segala jenis olahraga, baik itu kardio, kekuatan, atau olahraga tim, penting untuk meluangkan waktu beberapa menit untuk meredakan otot Anda ke mode latihan sehingga mendapatkan banyak manfaat kebugaran.

Pemanasan dapat membantu tubuh siap untuk aktivitas yang lebih berat dan membuatnya lebih mudah untuk berolahraga. Anda dapat melakukan pemanasan khusus olahraga, atau mencoba pemanasan yang mencakup berbagai gerakan seperti squat, plank, menekuk lutut samping, pushup, pemanasan trisep dan joging. Pemanasan ini dapat membantu mempersiapkan otot untuk sebagian besar olahraga.

Baca juga : Cegah Serangan Jantung Saat Main Bola, ini Saran Dokter

Anda dapat memulai secara perlahan dengan versi yang lebih mudah dari setiap pemanasan sebelum melanjutkan ke fase gerakan yang lebih menantang. Dilansir dari Health Line, Sabtu (21/11) cobalah untuk menghabiskan setidaknya 5 sampai 10 menit untuk pemanasan. Semakin intens olahraga, maka semakin lama pemanasan.

Pertama-tama, fokuslah pada kelompok otot besar, lalu lakukan pemanasan yang meniru beberapa gerakan yang akan Anda lakukan saat berolahraga. Misalnya, jika Anda berencana untuk berlari atau bersepeda, lakukan dengan lebih lambat untuk melakukan pemanasan.

Jika Anda baru mulai berolahraga atau memiliki kondisi medis dan masalah kesehatan, pastikan untuk berbicara dengan dokter sebelum memulai olahraga. Berikut manfaat pemanasan sebelum olahraga.

1. Peningkatan fleksibilitas

Menjadi lebih fleksibel dapat membuat Anda lebih mudah bergerak dan berolahraga dengan benar.
Risiko cedera lebih rendah. Pemanasan otot dapat membantu rileks, yang pada akhirnya dapat menyebabkan lebih sedikit cedera.

2. Peningkatan aliran darah dan oksigen

Memiliki lebih banyak aliran darah membantu otot mendapatkan makanan yang mereka butuhkan sebelum melakukan pekerjaan yang lebih intens.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1102 seconds (0.1#10.140)