Sedang Suntuk dan Jenuh? Ini Cara Menyenangkan untuk Menghilangkannya!

Rabu, 25 November 2020 - 09:27 WIB
loading...
Sedang Suntuk dan Jenuh? Ini Cara Menyenangkan untuk Menghilangkannya!
Hobi bertanam bisa menjadi salah satu cara menghilangkan rasa suntuk dan jenuh. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Terbatasnya aktivitas selama pandemi Covid-19 dan adaptasi kebiasaan baru menjadi salah satu penyulut munculnya stres, suntuk, dan jenuh. Untuk mengatasi masalah tersebut Psikolog Ajeng Raviando membagikan tips bagaimana mengelola stres selama pandemi. Salah satunya dengan membatasi bacaan yang membuat stres dan panik.

“Kecenderungan orang kalau di rumah semua dibaca, padahal itu bisa mengganggu ketenangan batin. Media juga sedang gencar memberitakan corona. Jadi, banjir informasi yang belum tentu kita butuhkan. Tidak semuanya akurat, jadi sebaiknya tidak semuanya dibaca,” ujar Ajeng.

Baca juga : Perkuat Pengetahuan untuk Memulai Hobi Merawat Tanaman Hias

Ajeng menjelaskan, agar tetap bahagia selama menjalani masa isolasi di rumah saja, hal pertama yang bisa dilakukan adalah mengubah mindset untuk selalu berpikir positif. “Tips mudahnya, kalau muncul kekhawatiran, pejamkan mata sejenak dan membayangkan sesuatu yang menyenangkan. Penting bagi kita jeda dari pikiran yang negatif dan mencemaskan,” katanya.

Melakukan hobi yang menyenangkan bisa menjadi solusi untuk mengatasi kejenuhan ini. Saat berkebun, seseorang akan melakukan kontak langsung dengan tanaman, hewan, tanah, dan lingkungan alam. Nyatanya, dekat dengan alam dan melakukan interaksi dengan makhluk hidup lain, termasuk tanaman dan hewan bisa menjadi hal yang baik untuk mental.

Jika dilakukan secara rutin, kegiatan ini membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks sehingga menurunkan risiko mengalami stres. Selain itu, bercocok tanam juga bisa memberi “bekal” untuk menangkal stres. Biasanya orang yang gemar berkebun cenderung akan berkembang dan memiliki sifat penyabar, penuh kasih dan sayang, bertanggung jawab, dan bisa merawat diri sendiri serta lingkungan sekitar dengan lebih baik.

Ativitas berkebun di luar ruangan bisa membuat pikiran menjadi lebih segar dan terbuka. Tidak hanya itu, kegiatan itu juga bisa dimanfaatkan sebagai sarana berolahraga. Sebab, kegiatan, seperti menyiangi tanaman, memupuk, menyiram, sampai membersihkan taman akan membuat tubuh terus bergerak dan berkonsentrasi tinggi. Meski terdengar melelahkan, tetapi hal itu baik bagi kesehatan fisik dan juga mental.

Baca juga : Kakak Kelas Tiara Anugerah Peroleh Golden Ticket dari Juri Indonesian Idol

Selain hobi bertanam, hobi-hobi lain tentunya juga dapat dilakukan. Misalnya berdandan di rumah, membuat kerajinan, memasak, dan melakukan hobi positif lainnya. Jangan lupa untuk bermain bersama anak setelah lelah mendampinginya sekolah di rumah. “Buat aktivitas seru di dalam rumah. Libatkan suami, sehingga para ibu tidak merasa stres sendirian,” pungkas Ajeng.
(wur)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2498 seconds (0.1#10.140)