Almond Jadi Cemilan Menyehatkan! Yuk, Intip Manfaatnya

Senin, 11 Mei 2020 - 20:30 WIB
loading...
Almond Jadi Cemilan Menyehatkan! Yuk, Intip Manfaatnya
Ngemil menjadi waktu paling menyenangkan. Tapi, ngemil yang tak sehat dapat menyebabkan kenaikan berat badan dan penyakit lain. Nah, almond jadi pilihan terbaik. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Ngemil memang menjadi waktu yang paling menyenangkan. Tapi, ngemil yang tidak sehat dapat menyebabkan kenaikan berat badan dan penyakit dalam jangka panjang.

Alih-alih membeli makanan ringan yang tidak sehat atau goreng, pilihlah kacang almond dan itu adalah pilihan yang lebih sehat. Kacang yang satu ini kaya nutrisi dan bisa dikonsumsi kapan saja, baik itu di antara waktu makan, saat bepergian untuk bersantai atau bekerja, menonton televisi, mengunyah tengah malam atau bahkan setelah berolahraga.

Karantina akibat pandemi virus corona telah memungkinkan orang untuk pergi ke dapur dan memenuhi keinginan mereka dengan cara yang berbeda, mulai memanggang kue, menyiapkan makanan hingga bikin kopi. Bahkan, sebagian orang-orang benar-benar bereksperimen akhir-akhir ini.

Tak sedikit yang bertanya-tanya cara mengkonsumsi almond yang sehat, apakah direndam semalam atau mentah. Jawabannya mudah, makanlah sesuka Anda. Kacang almond yang direndam atau mentah keduanya kaya akan nutrisi.

“Jika Anda ingin makan kacang almond dengan kulitnya, itu tidak masalah karena almond menyediakan serat, yang bermanfaat untuk usus,” kata Sheela Krishnaswamy, Konsultan Nutrisi dan Kebugaran seperti dilansir The Indian Express.

Ada beberapa manfaat almond yang bisa membuat Anda menikmati kacang yang satu ini dalam daftar makanan ringan.

1. Menjaga berat badan
Untuk mencegah rasa lapar di antara waktu makan, tambahkan almond ke dalam diet harian Anda. Almond kaya akan protein nabati, yang membuat satu tetap kenyang. Juga merupakan sumber serat makanan yang baik, yang membantu memfasilitasi pencernaan yang baik. Kedua elemen ini penting untuk mengatur berat badan.

“Sesuai penelitian terbaru yang diterbitkan dalam European Journal of Clinical Nutrition, peserta yang mengkonsumsi 43 gram almond kering yang dipanggang setiap hari mengalami berkurangnya kelaparan dan peningkatan diet vitamin E dan asupan lemak tak jenuh tunggal ('baik') tanpa menambah tubuh berat badan, ”jelas Krishnaswamy.

2. Mengelola gula darah
Bagi orang yang menderita diabetes tipe 2, almond bisa menjadi tambahan yang baik. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Metabolic Syndrome dan Related Disorders, konsumsi almond setiap hari dapat secara signifikan mengurangi hemoglobin A1C, penanda klinis yang menunjukkan peningkatan kadar glukosa darah seiring waktu.

Studi ini juga menyarankan bahwa memasukkan almond sebagai bagian dari diet sehat dapat membantu meningkatkan kontrol glikemik dan faktor risiko kardiovaskular.

3. Kesehatan kulit
Kesehatan kulit sangat ditentukan oleh sejumlah faktor - gaya hidup yang diikuti, makanan yang dikonsumsi, dan perubahan lingkungan yang konstan. Faktor-faktor ini dapat menyebabkan berbagai masalah kulit termasuk jerawat, penuaan dini dan pigmentasi kulit. Kosmetik membantu menutupi beberapa masalah kulit tetapi merupakan solusi jangka pendek, dan menjaga kulit yang sehat membutuhkan asupan makanan sehari-hari yang kaya nutrisi.

4. Menjaga kesehatan jantung
Menurut tinjauan sistematis baru-baru ini yang meneliti berbagai studi yang dilakukan di masa lalu pada almond dan kadar lipid darah - makan almond secara teratur menghasilkan penurunan yang signifikan dalam total kolesterol, kolesterol LDL yang berbahaya atau kadar kolesterol jahat dan kadar trigliserida, sambil membantu mempertahankan kolesterol HDL bermanfaat atau kadar kolesterol 'baik'.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1963 seconds (0.1#10.140)