Penelitian: Vegetarian Berisiko Lebih Tinggi Alami Patah Tulang
Rabu, 25 November 2020 - 12:42 WIB
loading...
A
A
A
Dari 54.898 peserta yang termasuk dalam penelitian ini, 29.380 makan daging, 8.037 makan ikan tetapi bukan daging, 15.499 adalah vegetarian, dan 1.982 adalah vegan pada saat mereka direkrut. Awalnya, kebiasaan makan mereka dievaluasi pada saat perekrutan, dan kemudian pada tahun 2010. Para kandidat diobservasi secara terus menerus selama 18 tahun rata-rata, hingga 2016 untuk terjadinya patah tulang, kata studi tersebut.
Saat mengumpulkan seluruh pengamatan, para peneliti melaporkan total 3.941 patah tulang, termasuk 566 lengan, 889 pergelangan tangan, 945 pinggul, 366 kaki, 520 pergelangan kaki, dan 467 patah tulang di situs utama lainnya (klavikula, tulang rusuk dan tulang belakang).
Para penulis tidak mengamati adanya perbedaan besar dalam risiko di antara kelompok diet untuk patah tulang lengan, pergelangan tangan atau pergelangan kaki setelah BMI diperhitungkan. Sebaliknya, perbedaan risiko patah tulang sebagian berkurang setelah IMT, kalsium makanan, dan asupan protein makanan telah diperhitungkan.
"Studi ini menunjukkan bahwa vegan, yang rata-rata memiliki BMI lebih rendah serta asupan kalsium dan protein yang lebih rendah daripada pemakan daging, memiliki risiko patah tulang yang lebih tinggi di beberapa tempat. Pola makan yang seimbang dan didominasi pola makan nabati dapat menghasilkan tingkat gizi yang lebih baik dan telah dikaitkan dengan risiko penyakit yang lebih rendah termasuk penyakit jantung dan diabetes," jelas Dr Tong.
Sementara para peneliti telah menyimpulkan studi mereka di jurnal, mereka masih berhati-hati tentang keaslian data pengukuran, di sisi lain. Menurut mereka, tidak bisa membedakan antara patah tulang akibat jatuh dari ketinggian berdiri dan yang disebabkan oleh kecelakaan. Data perbedaan asupan kalsium dan protein antara kelompok diet yang berbeda juga tidak tersedia pada kesalahan pengukuran.
Saat mengumpulkan seluruh pengamatan, para peneliti melaporkan total 3.941 patah tulang, termasuk 566 lengan, 889 pergelangan tangan, 945 pinggul, 366 kaki, 520 pergelangan kaki, dan 467 patah tulang di situs utama lainnya (klavikula, tulang rusuk dan tulang belakang).
Para penulis tidak mengamati adanya perbedaan besar dalam risiko di antara kelompok diet untuk patah tulang lengan, pergelangan tangan atau pergelangan kaki setelah BMI diperhitungkan. Sebaliknya, perbedaan risiko patah tulang sebagian berkurang setelah IMT, kalsium makanan, dan asupan protein makanan telah diperhitungkan.
"Studi ini menunjukkan bahwa vegan, yang rata-rata memiliki BMI lebih rendah serta asupan kalsium dan protein yang lebih rendah daripada pemakan daging, memiliki risiko patah tulang yang lebih tinggi di beberapa tempat. Pola makan yang seimbang dan didominasi pola makan nabati dapat menghasilkan tingkat gizi yang lebih baik dan telah dikaitkan dengan risiko penyakit yang lebih rendah termasuk penyakit jantung dan diabetes," jelas Dr Tong.
Sementara para peneliti telah menyimpulkan studi mereka di jurnal, mereka masih berhati-hati tentang keaslian data pengukuran, di sisi lain. Menurut mereka, tidak bisa membedakan antara patah tulang akibat jatuh dari ketinggian berdiri dan yang disebabkan oleh kecelakaan. Data perbedaan asupan kalsium dan protein antara kelompok diet yang berbeda juga tidak tersedia pada kesalahan pengukuran.
Lihat Juga :