Jangan Pandang Sebelah Mata, 4 Tumbuhan Liar Ini Ternyata Punya Manfaat Besar

Kamis, 26 November 2020 - 20:37 WIB
loading...
Jangan Pandang Sebelah Mata, 4 Tumbuhan Liar Ini Ternyata Punya Manfaat Besar
Ketika berbicara tentang tumbuhan liar, maka yang terlintas di benak adalah tumbuhan yang tumbuh di alam liar atau hutan dan ladang tandus, serta tidak terawat.
A A A
JAKARTA - Ketika berbicara tentang tumbuhan liar, maka yang terlintas di benak adalah tumbuhan yang tumbuh di alam liar atau hutan dan ladang tandus, serta tidak terawat. Yang mengherankan, beberapa tumbuhan liar ini bisa dikonsumsi manusia .

(Baca juga: Bikin Akun Instagram, Apa Unggahan Perdana Kim Woo-bin? )

Tidak hanya itu, ada juga beberapa sayuran yang tumbuh di alam bebas dan bisa dimakan saat musim hujan. Sebagian besar tanaman liar ini mudah diakses oleh komunitas suku dan pedesaan. Berikut tumbuhan liar yang bisa dimakan seperti dilansir Times of India, Kamis (26/11).

1. Talas liar

Tanaman talas liar memiliki kalsium oksalat di dalamnya, yang harus dihilangkan dengan merebus atau memanggang tanaman. Menurut beberapa akademisi, diketahui memiliki kandungan pati yang tinggi dengan serat makanan yang ada di dalamnya. Daun talas liar kaya akan berbagai vitamin dan mineral, yang membuatnya bermanfaat. Sebelum memasak tanaman ini, pastikan untuk merebus atau memanggang dalam waktu yang cukup lama.

2. Bayam ramping

Bayam ramping adalah tanaman liar populer yang daun dan tanaman mudanya terkadang dinikmati sebagai sayuran dengan cara menggorengnya. Ini juga merupakan tanaman obat karena daunnya diuretik dan pencahar, dapat digunakan untuk mengobati radang, bisul, dan wasir.

3. Krokot belanda

Umumnya dikenal sebagai waterleaf atau sambar cheera, krokot dikonsumsi di sejumlah wilayah. Tanaman ini dapat digunakan dalam berbagai kari untuk meningkatkan ketebalan hidangan. Krokot juga memiliki khasiat obat dan dapat digunakan dalam pengobatan diabetes serta campak dengan kandungan kaya akan vitamin A, kalsium, fosfor, dan zat besi.

(Baca juga: Rahasia Kecantikan Turun-temurun Wanita China yang Patut Dicoba )

4. Teratai

Konon semua bagian tanaman ini bisa dimakan tapi dengan sangat hati-hati. Dari keripik hingga kacang, dan bahkan kari yang lezat, Anda bisa membuat apa saja dengan tanaman ini.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1661 seconds (0.1#10.140)