Ingin Melahirkan Secara Normal? Lakukan Olahraga Ini Agar Persalinan Lancar!

Jum'at, 27 November 2020 - 11:10 WIB
loading...
Ingin Melahirkan Secara Normal? Lakukan Olahraga Ini Agar Persalinan Lancar!
Senam kegel bermanfaat membantu kelancaran proses persalinan. Foto/Healthline
A A A
JAKARTA - Persiapan melahirkan adalah tahap penting bagi ibu hamil menjelang persalinan. Tanpa persiapan yang memadai, persalinan akan menjadi proses yang menyulitkan, terutama para ibu yang merencanakan persalinan normal. Banyak jenis persiapan yang perlu, termasuk dengan olahraga.

Baca juga : 8 Tips Kecantikan Sederhana untuk Ibu Hamil

Terdapat berbagai macam gerakan olahraga yang tepat untuk persiapan melahirkan normal. Coba beberapa gerakan latihan ini untuk membantu proses melahirkan normal sesuai rekomendasi Primaya Hospital.

1. Latihan dasar panggul (Senam Kegel)

Dasar panggul terdiri atas lapisan otot yang bisa meregang dari tulang kemaluan hingga ujung tulang belakang. Latihan dasar panggul akan membantu menguatkan lapisan otot tersebut yang bakal menegang saat proses persalinan.

2. Squat

Squat atau gerakan berjongkok juga menjadi persiapan melahirkan penting untuk kelancaran persalinan normal. Hal ini dapat membantu melemaskan otot dasar panggul dan menguatkan perineum (area kulit di antara liang vagina dan anus).

Baca juga : Manfaat Produk Herbal Untuk Ibu Hamil dan Menyusui

3. Latihan otot perut

Melatih otot perut juga penting untuk persiapan melahirkan. Caranya Posisikan seluruh tubuh seperti kotak dengan lutut tertekuk di bawah pinggul dan tangan dengan jari terbuka di bawah bahu. Angkat perut untuk menjaga punggung tetap lurus lalu Tarik otot perut dan angkat punggung, tahan beberapa detik dan Kembali ke posisi awal.

Saat ini masih ada mitos yang berkembang bahwa ibu hamil tak boleh berolahraga secara fisik. Padahal sebaliknya, olahraga sangat bermanfaat buat kesehatan ibu hamil dan meningkatkan peluang melahirkan normal. Yang penting, lakukan olahraga dengan intensitas yang tepat atau tidak berlebihan.
(wur)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1297 seconds (0.1#10.140)