Anda Sedang Stres? Coba Atasi dengan Konsumsi Makanan Berikut Ini!

Minggu, 29 November 2020 - 14:00 WIB
loading...
Anda Sedang Stres? Coba Atasi dengan Konsumsi Makanan Berikut Ini!
Alpukat adalah salah satu buah yang menyehatkan dan bisa mengatasi stres. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Saat ini, kita dihadapkan dengan gaya hidup yang sibuk dan kurang aktivitas fisik sehingga membuat kita merasakan stres dan kondisi ini dapat merusak kesehatan kita secara keseluruhan dan dapat mengganggu berfungsinya sistem pencernaan, kekebalan tubuh dan sistem saraf.

Perlu diketahui, Ada beberapa cara untuk mengatasi stres dan mengurangi levelnya. Salah satunya adalah dengan memperhatikan apa yang kita konsumsi, Makanan yang kita makan dapat memainkan peran penting dalam menurunkan tingkat stres, karena ketika Anda stres, tubuh sangat membutuhkan nutrisi tertentu seperti vitamin B, vitamin C, magnesium, dan selenium.

Baca juga : Wanita yang Stres Lebih Perpeluang Mengandung Anak Perempuan

Selain itu, Jumlah nutrisi yang Anda konsumsi juga dapat berdampak besar pada saraf tubuh yang mengendalikan motivasi, emosi, dan suasana hati. Jadi, mulai sekarang pilihlah makanan bergizi dan alami karena dapat membantu anda menghilangkan stres dan menenangkan Hati. Seperti dilansir laman Boldsky, berikut adalah asupan sehat yang bisa anda konsumsi untuk menghilangkan stres.

1. Cokelat hitam
Menurut sebuah penelitian, cokelat hitam adalah sumber antioksidan yang sangat baik, dengan adanya kandungan seperti polifenol dan flavanol yang membantu meningkatkan suasana hati.

2. Alpukat
Buah ini memiliki kemampuan menurunkan tingkat stres karena kaya akan kandungan asam lemak omega 3, vitamin E, vitamin A dan nutrisi penting lainnya. Asam lemak omega 3 berfungsi untuk meningkatkan suasana hati, mengurangi stres, depresi dan kecemasan.

3. Ikan berlemak
Anda bisa mengonsumsi ikan berlemak secara teratur seperti salmon, mackerel, sarden dan tuna karena mereka kaya akan asam lemak omega 3, vitamin B6 dan vitamin B12 yang dikenal dapat menurunkan kadar kortisol dan mengalahkan stres.

4. Kacang
Kacang mengandung banyak nutrisi penting seperti vitamin B, magnesium, dan lemak sehat, sehingga dapat membantu mengurangi tingkat stres dan kecemasan.

5. Oatmeal
Sarapan dengan Oatmeal mungkin bisa menjadi salah satu pilihan terbaik bagi anda karena oatmeal merupakan makanan yang dapat menenangkan dan mengatur hormon stres serotonin.

6. Pisang
Adanya kandungan vitamin B, magnesium dan mangan dalam pisang diyakini dapat meningkatkan mood dan menurunkan stres serta kelelahan.

Baca juga : Inovasi, Dosen Unpad Ini Ciptakan Aplikasi Pengukur Stres dari Ponsel

7. Telur
Telur memiliki kandungan protein, kolin, asam lemak omega 3, vitamin B yang dapat meningkatkan suasana hati dengan menghilangkan stres dan kecemasan.

8. Produk susu
Produk olahan susu seperti yogurt, susu, dan keju merupakan sumber probiotik yang baik, karena membuat usus sehat dan melindunginya terhadap bakteri berbahaya, sehingga dapat meningkatkan pencernaan dan membantu penyerapan nutrisi yang lebih baik.
(wur)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2740 seconds (0.1#10.140)