Ini Beberapa Cara Berhenti dari Kebiasaan Mengonsumsi Alkohol

Selasa, 12 Mei 2020 - 05:55 WIB
loading...
Ini Beberapa Cara Berhenti dari Kebiasaan Mengonsumsi Alkohol
Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi alkohol dapat meningkatkan risiko kanker. / Foto: ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi alkohol dapat meningkatkan risiko kanker. Apabila mengonsumsinya sebanyak dua kali sehari bakal meningkatkan risiko kanker kerongkongan, kanker usus besar, kanker dubur hingga kanker payudara.

Di tengah-tengah pandemi Covid-19 saat ini cukup menyulitkan bagi seseorang pecandu alkohol lantaran penutupan beberapa toko yang menjajakan minuman beralkohol. Padahal inilah waktunya bagi mereka untuk mencoba mengelola kebiasaan buruk tersebut.

Kebanyakan orang yang kecanduan alkohol mengalami beberapa gejala seperti sulit tidur, gelisah, epilepsi, kejang, dan sebagainya. Beberapa ahli kesehatan juga telah memperingatkan bahwa tidak jarang gejala kecanduan alkohol bisa sangat parah sehingga bisa menyebabkan gejala bunuh diri pada pasien.

Sebenarnya terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjauhi minuman tersebut, dan berikut beberapa cara mengelola kecanduan alkohol seperti dilansir laman Boldsky.

1. Konsumsi Makanan Sehat

Konsumsilah makanan sehat seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian utuh, unggas, ikan, kacang-kacangan, dan susu rendah lemak karena akan memberi tubuh Anda vitamin dan mineral penting yang akan membantu memperbaiki tubuh Anda.

2. Hidrasi Tubuh Anda

Dehidrasi dapat meningkatkan gejala kecanduan alkohol, jadi minumlah banyak air atau cairan yang mengandung elektrolit untuk membantu menghidrasi dan mendetoksifikasi racun berbahaya dari tubuh Anda.

3. Mandi Air Panas

Jika Anda merasakan keinginan kuat untuk mengonsumsi alkohol, mandilah dengan air panas karena akan membantu tidur Anda jauh lebih baik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1559 seconds (0.1#10.140)