Memanfaatkan Ruang Penyimpanan di Balik Furnitur

Selasa, 01 Desember 2020 - 18:56 WIB
loading...
Memanfaatkan Ruang Penyimpanan di Balik Furnitur
Keberadaan rak buku mampu menutupi lemari penyimpanan sehingga terlihat lebih elok. (Foto: Dok/The Spruce)
A A A
JAKARTA - KURANGNYA ruang penyimpanan di rumah menjadi masalah umum yang dihadapi sebagian besar dari kita. Ruang penyimpanan terbaik itu tidak lain adalah lemari.

Namun, bisa dibayangkan jika lemari sangat banyak di rumah. Meskipun tidak tampak barang-barang karena tersusun di dalam lemari, namun rumah akan terasa sesak karena keberadaan lemari yang besar.

Kini, dalam memilih furnitur terutama yang dibuat sesuai pesanan memungkinkan untuk menyiapkan lebih banyak ruang penyimpanan tanpa tampak seperti lemari, bahkan dapat berfungsi lain. Dilansir dari The Spruce, begini cara menyembunyikan barang-barang di berbagai furnitur.

1. Lemari Rahasia Tersembunyi di Balik Rak Buku Bawaan

Lemari besar yang biasa untuk menyimpan koper atau tas lainnya agar lebih cantik bagian depannya dapat dibuat rak buku. Seperti pintu rahasia, rak buku bisa terbuka untuk menyimpan barang-barang berukuran besar.

2. Tempat Bumbu Rahasia

Dapur adalah salah satu ruang di rumah yang cepat berantakan. Perancang lemari, Christopher Peacock memiliki trik yang sangat baik untuk menjaga agar bagian atas meja tetap teratur. Di balik backsplash cantik yang terbuat dari marmer dapat digeser menjadi rak bumbu tersembunyi.

3. Laci di Bawah Tempat Tidur

Dahulu saat model tempat tidur yang terdapat ruang terkadang menjadi menyimpan barang-barang hanya menggunakan kotak. Sehingga malah menimbulkan debu dan memancing nyamuk datang. Sekarang tempat tidur tidak memiliki ruang di bawah sehingga kekurangan ruang penyimpanan. Mengapa tidak build-in tempat tidur dengan laci di bawahnya, sehingga kamar tidur tidak sesak karena banyak lemari.

Untuk kamar anak pun demikian, selain membuat tempat tidur tingkat untuk anak-anak agar lebih luas. Bagian bawah tempat tidur mereka pun dapat difungsikan menjadi laci mainan.

4. Area Tempat Duduk Penuh dengan Penyimpanan

Kelly Harmer, blogger gaya hidup menciptakan area tempat duduk jamuan makan yang luar biasa di dapurnya sehingga dia dapat mengubah ruang makannya menjadi ruang keluarga. Bukan hanya tempat duduk pada sudut penuh dengan solusi penyimpanan built-in di dalam bangku dan lemari. Siapa sangka Anda menduduki buku, kotak, atau lainnya.

5. Tangga Tempat Rahasia

Gunakan tangga Anda untuk bekerja sebagai penyimpanan tersembunyi. Seringnya ruang dibawah tangga dijadikan lemari. Namun, kali ini bisa juga setiap anak tangga merupakan sebuah laci. Bukan hanya tangga menuju lantai atas, namun tangga dalam satu ruangan yang biasanya terdiri dari satu atau dua anak tangga pun dapat dimanfaatkan sebagai tempat menyimpan barang. Seluruh sistem tangga bersifat modular, membuatnya mudah untuk dikonfigurasi ulang.

6. Mesin Cuci yang Sembunyi

Di rumah minimalis memungkinkan menyatukan dapur dan ruanga laundry. Mesin cuci dapat disimpan di dalam laci besar kitchen set Anda. Tentu urusan pembuangan air sudah disesuaikan. Terpenting ketika sudah digunakan pintu laci dapat ditutup sehingga mesin cuci tidak terlihat.
(wan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2006 seconds (0.1#10.140)