Fakta Bakteri Baik bagi Nutrisi Saluran Cerna Anak, Ayah-Ibu Harus Tahu!

Selasa, 01 Desember 2020 - 22:00 WIB
loading...
Fakta Bakteri Baik bagi Nutrisi Saluran Cerna Anak, Ayah-Ibu Harus Tahu!
Nutrisi dan mikrobiota baik dalam saluran cerna bersimbiosis mendukung daya tahan tubuh, kecerdasan, serta perilaku anak. Foto Ilustrasi/The Asian Parent
A A A
JAKARTA - Kesehatan saluran cerna sangat penting bagi tubuh sebagai satu-satunya pintu masuk nutrisi , di mana peran nutrisi dan mikrobiota baik dalam saluran cerna bersimbiosis mendukung daya tahan tubuh, kecerdasan, dan perilaku anak.

Berikut beberapa fakta dari para dokter saat edukasi kesehatan daring Kalbe Farma kepada media bertema “Mitos dan Fakta Bakteri Baik Saluran Cerna”.

( )

Orangtua Harus Perhatikan Kesehatan Pencernaan Anak sejak Seribu Hari Pertama

Dr. Molly Dumakuri Oktarina, SpA(K) mengungkapkan, seribu hari pertama kehidupan (HPK) merupakan periode emas seorang anak yang akan memberikan efek jangka panjang di kehidupan mendatangnya. Pada periode ini terjadi percepatan pertumbuhan dan perkembangan sel tubuh, sel otak, dan sel kekebalan tubuh (imun).

Karena itu, kesehatan cerna yang menjadi pintu masuk nutrisi harus menjadi perhatian para orangtua, khususnya ibu di rumah, untuk mendukung tumbuh kembang anak. Orangtua juga harus tahu apa saja manfaat bakteri baik dalam perkembangan sistem imunitas anak.

Asupan Probiotik Bantu Optimalkan Kesehatan Saluran Pencernaan Anak

Dr. Frieda Handayani, SpA (K), salah satu narasumber saat edukasi mengungkapkan, asupan probiotik di awal kehidupan bayi didapatkan dari ASI karena mampu membantu mengoptimalkan kesehatan saluran cerna , meningkatkan daya tahan tubuh, serta menunjang tumbuh kembang anak juga kecerdasan dan perilakunya.

Tentu jika anak kekurangan probiotik akan memengaruhi kondisi saluran cerna dan bagaimana tumbuh kembang maupun kecerdasannya nanti. Karena itu asupan probiotik untuk anak sangatlah penting diperhatikan para orangtua.

Nutrisi dan Bakteri Baik Pengaruhi Sistem Imun Anak

Berbagai faktor dapat memengaruhi perkembangan sistem imun pada bayi atau anak, di antaranya adalah mikrobiota usus (saluran cerna). Sekitar 70%-80% sel imun terdapat di dalam usus sehingga mikrobiota saluran cerna berperan dalam perkembangan sistem imun alami dan didapat. Di mana mikrobiota yang berperan adalah mikrobiota komensal (baik), bukan mikrobiota pathogen (jahat).

( )

Selain dalam bentuk ASI selama minimal 6 bulan hingga 2 tahun untuk asupan probiotik di awal kehidupan bayi, berbagai produk probiotik lain juga bisa ditambahkan seperti Liprolac Baby. “Cocok diberikan sejak bayi baru lahir untuk mengoptimalkan kesehatan saluran cerna dan mendukung tumbuh kembang anak,” ujar Apt. Eric Antonius, M.M, Product Manager PT Kalbe Farma Tbk.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1270 seconds (0.1#10.140)