Minyak Zaitun Lebih Stabil dan Sehat Ketimbang Minyak Biji untuk Menggoreng

loading...
Minyak Zaitun Lebih Stabil dan Sehat Ketimbang Minyak Biji untuk Menggoreng
Minyak zaitun lebih stabil dan menyehatkan dibandingkan minyak biji untuk menggoreng makanan. Foto/Getty Images
JAKARTA - Minyak zaitun lebih stabil dan menyehatkan dibandingkan minyak biji untuk menggoreng makanan. Temuan ini berdasarkan riset Mohamed Bouaziz dan koleganya yang mencatat bahwa minyak yang berbeda memiliki berbagai sifat fisik, kimia, dan nutrisi yang dapat menurunkan kualitas minyak saat dipanaskan.

Beberapa dari perubahan tersebut dapat menyebabkan pembentukan senyawa baru yang berpotensi bersifat racun. Produk sampingan minyak pemanas juga dapat menurunkan nilai gizi makanan yang digoreng.

(Baca Juga: Selama Pandemi Masyarakat Banyak Gunakan Aplikasi Kesehatan )

Tim Bouaziz ingin mengetahui minyak goreng mana yang dapat mempertahankan kualitasnya di bawah panas tinggi dan penggunaan berulang.



Dilansir dari laman Science Daily, Rabu (2/12), para peneliti menggoreng potongan kentang mentah dengan empat minyak olahan yang berbeda yakni zaitun, jagung, kedelai, dan bunga matahari. Mereka menggunakan kembali minyak tersebut hingga 10 kali.

Peneliti menemukan bahwa minyak zaitun adalah minyak paling stabil untuk menggoreng pada suhu 320 dan 374 derajat Fahrenheit. Sedangkan minyak bunga matahari terdegradasi paling cepat saat digoreng pada suhu 356 derajat.

(Baca Juga: Manfaat Konsumsi Air Rebusan Jahe di Pagi Hari )



Terkait temuan ini, peneliti menyimpulkan bahwa untuk menggoreng makanan , minyak zaitun menjaga kualitas dan nutrisi lebih baik daripada minyak biji.
(tsa)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top