Minyak Kelapa dan Minyak Zaitun Jadi Pilihan Memasak, Mana yang Lebih Sehat?

Jum'at, 26 Januari 2024 - 16:01 WIB
loading...
Minyak Kelapa dan Minyak Zaitun Jadi Pilihan Memasak, Mana yang Lebih Sehat?
Minyak kelapa dan minyak zaitun menjadi pilihan untuk memasak, tapi lebih sehat mana? Foto/times of india
A A A
JAKARTA - Minyak kelapa dan minyak zaitun menjadi dua jenis minyak yang digunakan sebagian besar orang untuk memasak. Keduanya mengandung lemak nabati yang memberikan berbagai manfaat kesehatan untuk tubuh.

Secara alami, minyak kelapa maupun zaitun bersifat vegan dan bebas gluten. Bahkan keduanya kerap digunakan untuk mengolah makanan khusus diet. Dua jenis minyak tersebut memiliki kesamaan, yaitu berasal dari buah-buahan.



Meski begitu, keduanya memiliki perbedaan yang signifikan. Minyak kelapa cenderung memiliki rasa yang lebih manis dan teksturnya lebih lembut. Sedangkan minyak zaitun itu mempunyai rasa yang gurih hampir seperti mentega dengan sedikit hint rasa merica.

Melansir Kosterina pada Jumat (26/1/2024), dilihat dari jumlah kalori antara minyak kelapa dan minyak zaitun kurang lebih memiliki jumlah kalori yang sama. Dalam satu sendok makannya mengandung 119 hingga 120 kalori dan 14 gram lemak total.

Minyak zaitun sendiri memiliki segudang manfaat untuk tubuh seperti mampu menurunkan kolesterol LDL dan risiko penyakit jantung , diabetes tipe 2, dan bahkan beberapa jenis kanker. Bukan minyak zaitun biasa yang mendapat predikat minyak terbaik untuk memasak, melainkan jenis minyak zaitun extra virgin.

Minyak zaitun extra virgin mempunyai titik asap yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan minyak kelapa, sehingga cocok untuk menggoreng, membuat kue, dan memasak hidangan lain yang membutuhkan api yang besar. Jenis minyak ini pun lebih ringan dan tidak banyak tertinggal di makanan yang melalui proses penggorengan.



Tak cuma itu, Minyak zaitun extra virgin kaya akan kandungan lemak baik dan polifenol, senyawa ini mampu mengurangi peradangan. Sementara pada minyak kelapa, lemak yang terkandung sebanyak 100% dengan persentase 80-90% lemak jenuh.

Meski begitu, bukan berarti minyak kelapa dapat memperburuk kesehatan, tapi dapat menjadi pilihan apabila sedang tidak memiliki cadangan minyak zaitun untuk memasak.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1728 seconds (0.1#10.140)