Air Jahe Ampuh Atasi Mual Akibat Morning Sickness

loading...
Air Jahe Ampuh Atasi Mual Akibat Morning Sickness
Air jahe ampuh untuk mengatasi rasa mual akibat morning sickness. Foto/IST
JAKARTA - Jahe telah digunakan selama ribuan tahun untuk membumbui makanan dan mengobati penyakit. Jahe asli Asia dan merupakan tanaman berbunga dari keluarga Zingiberaceae. Akarnya, atau batangnya, menambah rasa pada banyak jenis masakan, tetapi juga merupakan obat herbal kuno untuk sejumlah penyakit.

Minum air jahe dapat membantu segala hal. Salah satunya mual karena morning sickness. Beberapa ahli percaya bahwa komponen aktif dalam jahe - minyak atsiri dan senyawa fenol yang disebut gingerol - dapat membantu meredakan mual akibat hamil, kemoterapi, atau pembedahan.

Baca juga : Keluarga Punya Peran Penting Menangani Diabetes di Masa Pandemi Covid-19

Peneliti menyarankan bahwa jahe bisa menjadi alternatif yang bermanfaat untuk obat antimual tradisional pada orang yang sedang hamil atau menjalani kemoterapi dan tidak dapat memiliki atau mentolerir obat standar.



Dilansir dari Health Line, Kamis (3/12) pastikan konsultasi pada dokter sebelum minum air jahe, khususnya untuk mereka yang baru saja menjalani prosedur operasi. Pasalnya ini dapat menyebabkan pembekuan. Sementara itu, cara membuat air jahe terbilang sangat mudah.

Adapun yang dibutuhkan 4 hingga 6 irisan tipis jahe yang sudah dikupas, 2 gelas air. Selain itu, sebagai opsional, Anda bisa menambahkan jus dari setengah jeruk nipis atau lemon, dan madu atau nektar agave secukupnya.

Pertama, cuci dan gosok akar jahe. Kemudian, kupas jahe dan iris tipis-tipis. Isi panci berukuran sedang dengan 2 gelas air. Masukkan irisan jahe ke dalam air dan biarkan mendidih perlahan selama 10 hingga 20 menit, tergantung seberapa kuat dan pedasnya air jahe yang diinginkan.



Baca juga : Manfaat Konsumsi Air Rebusan Jahe di Pagi Hari

Hilangkan dari panas. Tambahkan jeruk nipis atau jus lemon dan madu atau agave sesuai selera, jika diinginkan. Anda juga bisa membuat teh jahe dengan susu. Caranya, rebus irisan jahe dalam 1 gelas air selama 10 menit, kemudian angkat dan tambahkan 2 gelas susu. Rebus susu dan jahe selama lima menit. Sajikan dalam selagi hangat.
(wur)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top