Ini Alasan Kenapa Jam Tangan Rolex Jadi Favorit Pak Menteri

Jum'at, 04 Desember 2020 - 18:05 WIB
loading...
Ini Alasan Kenapa Jam Tangan Rolex Jadi Favorit Pak Menteri
foto / dok rolex.com
A A A
JAKARTA - Jam tangan Rolex memiliki desain yang detail, elegan, dan memiliki akurasi yang tinggi. Karenanya, jam tangan itu menjadi favorit seleb, pejabat negara meski harganya ratusan juta.

Saat Komisi Pemberatasan Korupsi (KPK) menangkap Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo dan diamankan juga barang barang mewah salah satunya yakni jam tangan Rolex yang diduga dibeli saat kunjungan kerja di Honolulu, Hawaii, Amerika Serikat (AS). Tipe jam tangan Rolex adalah tipe Yacht Master II yang harganya mencapai ratusan juta.

Baca juga : Pakaian Kim Seon Ho Jadi Perhatian di Drama Start-up, Yuk Intip Gayanya

Dikutip dari laman INTime, jam tangan tipe tersebut terinspirasi dari warisan yang kaya yang telah mengikatkan Rolex pada dunia pelayaran sejak 1950-an. Yacht-Master menggunakan teknologi chronograph regatta dengan rangka dan tali jam berbahan emas putih 18 karat dan platinum. Tak heran jam ini diperkirakan berharga sekitar Rp405 juta.

Mengutip dari Watchfinder & Co, Rolex memang merupakan salah satu merek jam tangan paling mahal dan mewah di dunia. Harga yang mahal ini salah satunya berasal dari penggunaan jenis baja khusus. Merek jam tangan yang didirikan oleh Hans Wilsdorf pada 1908 ini biasanya memakai stainless steel berkualitas jenis 904L. Jenis baja ini jauh lebih kuat dan berkilau dari baja 316L normal, yang biasa digunakan oleh merek jam tangan lainnya.

Merek jam tangan pertama yang mendapatkan Swiss Certificate of Chronometric Precision ini bahkan memiliki departemen Penelitian dan Pengembangan Internal yang sangat luar biasa. Rolex memiliki berbagai laboratorium dan fasilitas profesional tempat para peneliti dan ilmuwan bekerja pada jam tangan Rolex baru dan teknik pembuatannya.

Tak hanya penggunaan baja khusus dan mempekerjakan para ilmuwan, merek jam tangan ini juga berinvestasi pada mesin yang sebagian besar dalam bentuk robot. Para robot ini membantu dalam pekerjaan berulang seperti pengemasan, pengambilan baki yang berisi komponen, atau menyelesaikan perakitan jam tangan Rolex. Tak heran, jam tangan ini hanya bisa dibeli oleh segelintir orang.

Baca juga : Malam Ini, MNCTV Suguhkan Kilau Konser Betrand Jilid 2, Fans Onyo Siap-siap Baper

Pekerjaan yang dilakukan robot hanya jenis pekerjaan ringan saja. Tetapi dalam perakitan mesin-mesinnya semua dilakukan dengan tangan manusia secara detail dan tingkat ketelitian yang tinggi.

Selain itu, jam tangan yang kedap air hingga 300 meter (tipe Rolex Submariner) ini dikenal sebagai satu-satunya pembuat jam yang menghasilkan emas sendiri. Ini menjelaskan mengapa beberapa model emas masuk dalam daftar jam tangan paling mahal. Rolex biasanya memurnikan emas 24K menjadi emas 18K kuning, putih, atau Everose untuk beberapa produk.
(sal)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1867 seconds (0.1#10.140)