Yuk, Berwisata ke Pabrik Berlian di Kawasan Dago

Minggu, 06 Desember 2020 - 04:03 WIB
loading...
Yuk, Berwisata ke Pabrik Berlian di Kawasan Dago
Pernah berwisata ke pabrik berlian? Anda mungkin tak bisa membayangkan bagaimana barang berharga itu dibuat. Jika liburan ke Bandung, Anda bisa menyambanginya. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Pernah berwisata ke pabrik berlian? Anda mungkin tidak bisa membayangkan bagaimana barang berharga itu dibuat. Nah, Indo Wisata Pratama (IWP) memberi kesempatan wisatawan untuk menyaksikan proses pembuatan berlian ini.

Jika Anda tengah menikmati liburan di Bandung, maka di Kawasan Dago, Bandung Utara, tepatnya di dalam komplek Cipta Green Dago Blok N 1-10, Anda bisa mampir untuk menyaksikan pembuatan berlian ini. IWP buka setiap hari, mulai pukul 10.00-17.00 WIB. (Baca juga: Mencari Teman Liburan Terbaik? Anda Bisa Ajak 6 Zodiak Ini )

Tempat yang dibangun oleh Yopi Mesa Yudi. Awalnya hanya untuk berbagi pengetahuan tentang intan, batu permata, dan berlian kepada masyarakat dengan menyaksikan langsung proses pembuatannya dari awal hingga menjadi perhiasan yang bernilai sangat tinggi.

IWP menawarkan pengalaman baru dimana Anda bisa melihat proses pengolahan intan-batu permata mulai dari marking sampai micro setting sehingga menjadi batu berlian dengan kualitas tinggi serta diklaim mampu menghasilhkan berlian dengan total 500 karat per bulan. Antara lokasi pengunjung dan pekerja dibatasi sebuah kaca tebal. Total ada enam proses pengolahan berlian yang bisa dilihat di sini.

Berdiri di atas lahan seluas 1 hektare, IWP meliputi bangunan berlantai 4 dengan fasilitas kafe terpisah. Lokasi pabrik berlian berada di lantai bawah. Tempat itu akan mengubah pandangan kebanyakan orang yang mengira akan dijaga sangat ketat.

Desain ruangan dibuat sedemikian rupa sehingga Anda akan mengikuti alur pengolahan berlian mulai dari pintu masuk, lanjut ke proses pemotongan intan, dan berakhir di galeri yang menjual berlian hasil akhir. Selain gedung pengolahan berlian, IWP juga menyediakan fasilitas penunjang berupa kafe Skyllight dimana Anda dapat menikmati Bandung dari ketinggian dengan sudut 360 derajat.

Anda akan dibawa berkeliling melihat proses intan dari mentah hingga menjadi berlian didukung tenaga ahli perhiasan yang berpengalaman dan peralatan teknologi terkini. Anda akan diajak menonton short movie tentang perkembangan permata di Indonesia dan sejarah berdirinya IWP. (Baca juga: Harbolnas 12.12, The F Thing Hadirkan Pesta Diskon Produk Branded "12.12 Online Shopping Madness" )

Anda akan melihat ruangan-ruangan yang merupakan proses pengolahan batu permata yang tadinya kasar menjadi permata cantik. Setelah melihat proses pengolahannya, Anda akan melihat hasil jadi permata tersebut dalam bentuk perhiasan berupa kalung, cincin, serta model perhiasan lainnya. Permata yang dipamerkan ini bisa dibeli langsung dengan beragam harga mulai dari jutaan hingga milyaran rupiah.

Untuk berkunjung ke IWP Anda perlu membeli karcis berupa voucer sebesar Rp.50.000/orang. Tiket masuk tersebut bisa dijadikan voucer potongan harga bagi Anda yang ingin membeli berlian di tempat ini. Apabila Anda tidak bermaksud untuk menggunakan sebagai voucher belanja berlian maka bisa ditukarkan dengan makanan dan minuman yang tersedia di Skylight Cafe, Resto & Lounge IWP.

Intan adalah rough diamond, merupakan butiran kasar calon berlian. Setelah dipotong dan dipoles maka disebut berlian. Intan terbentuk dari mineral karbon murni yang mengkristal karena proses kimiawi di dalam perut bumi selama ratusan hingga jutaan tahun. Materi bumi ini memiliki tingkat kekerasan tinggi dan mampu mendispersikan cahaya seperti prisma. Sifat-sifat tersebut membuat intan digunakan untuk menjadi perhiasan dan juga penerapan dalam dunia industri.

Berlian sendiri merupakan salah satu jenis batu permata. Batu permata harus melewati proses pemolesan sebelum digunakan untuk perhiasan. Tidak semua bebatuan juga dapat disebut sebagai batu permata karena harus memenuhi beberapa syarat tertentu seperti memiliki kekerasan, ketahanan, keindahan, dan kelangkaan. Tingkat kekerasan batu permata paling tinggi dalam skala ini bernilai 10 dan dimiliki oleh batu berlian. (Baca juga: Travel Addict GTV, Kearifan Alam dan Budaya Pusere Jawa )

Di Indonesia, daerah penghasil permata yang terkenal adalah Martapura, Kalimantan Selatan. Banyak permata dari sini dan di ekspor ke luar negeri. Batu permata Kalimantan diakui masyarakat dunia sebagai salah satu batu permata atau batu mulia terbaik.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2071 seconds (0.1#10.140)