Penelitian: Konsumsi Kacang-Kacangan Bisa Bantu Turunkan Berat Badan
Minggu, 06 Desember 2020 - 10:22 WIB
loading...
Penelitian mengngkapkan bahwa konsumsi kacang berkontribusi terhadap penurunan berat badan. Foto/Istimewa
A
A
A
JAKARTA - Makan satu porsi kacang-kacangan, kacang polong, buncis atau lentil sehari dapat berkontribusi pada penurunan berat badan. Berdasarkan tinjauan sistematis dan meta-analisis dari semua uji klinis yang tersedia tentang efek makan kacang, ditemukan bahwa makan sekitar 3/4 cangkir (130 gram) setiap hari kacang-kacangan menyebabkan penurunan berat badan 0,34 kilogram.
Penelitian ini didasarkan pada penelitian sebelumnya oleh Pusat Modifikasi Nutrisi Klinis dan Faktor Risiko rumah sakit, bahwa mengonsumsi kacang-kacangan setiap hari membuat orang merasa lebih kenyang daripada jika mereka makan makanan yang terkontrol. Makan kacang-kacangan juga dapat secara signifikan mengurangi kolesterol jahat.
Baca juga : Amanda Manopo Bete, Billy Saputra Lupa Tanggal Ulang Tahunnya Hari Ini
"Terlepas dari manfaat kesehatannya yang diketahui, hanya 13% orang Kanada yang makan kacang-kacangan pada hari tertentu dan kebanyakan tidak makan porsi penuh," kata Dr. Russell de Souza, seorang peneliti di Institut Pengetahuan Li Ka Shing di Rumah Sakit St. Michael yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition .
"Jadi, ada ruang bagi sebagian besar dari kita untuk memasukkan kacang-kacangan ke dalam makanan kita dan menyadari potensi manfaat pengelolaan berat badan," lanjutnya dilansir dari Science Daily, Sabtu (5/12).
Meta-analisis mengamati 21 uji klinis yang melibatkan 940 pria dan wanita dewasa, yang kehilangan rata-rata 0,34 kg (0,75 pon) selama enam minggu dengan penambahan satu porsi kacang-kacangan ke dalam makanan dan tanpa melakukan upaya tertentu untuk mengurangi makanan lain.
Penelitian ini didasarkan pada penelitian sebelumnya oleh Pusat Modifikasi Nutrisi Klinis dan Faktor Risiko rumah sakit, bahwa mengonsumsi kacang-kacangan setiap hari membuat orang merasa lebih kenyang daripada jika mereka makan makanan yang terkontrol. Makan kacang-kacangan juga dapat secara signifikan mengurangi kolesterol jahat.
Baca juga : Amanda Manopo Bete, Billy Saputra Lupa Tanggal Ulang Tahunnya Hari Ini
"Terlepas dari manfaat kesehatannya yang diketahui, hanya 13% orang Kanada yang makan kacang-kacangan pada hari tertentu dan kebanyakan tidak makan porsi penuh," kata Dr. Russell de Souza, seorang peneliti di Institut Pengetahuan Li Ka Shing di Rumah Sakit St. Michael yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition .
"Jadi, ada ruang bagi sebagian besar dari kita untuk memasukkan kacang-kacangan ke dalam makanan kita dan menyadari potensi manfaat pengelolaan berat badan," lanjutnya dilansir dari Science Daily, Sabtu (5/12).
Meta-analisis mengamati 21 uji klinis yang melibatkan 940 pria dan wanita dewasa, yang kehilangan rata-rata 0,34 kg (0,75 pon) selama enam minggu dengan penambahan satu porsi kacang-kacangan ke dalam makanan dan tanpa melakukan upaya tertentu untuk mengurangi makanan lain.
Lihat Juga :