Penelitian: Konsumsi Kacang-Kacangan Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

loading...
Penelitian: Konsumsi Kacang-Kacangan Bisa Bantu Turunkan Berat Badan
Penelitian mengngkapkan bahwa konsumsi kacang berkontribusi terhadap penurunan berat badan. Foto/Istimewa
JAKARTA - Makan satu porsi kacang-kacangan, kacang polong, buncis atau lentil sehari dapat berkontribusi pada penurunan berat badan. Berdasarkan tinjauan sistematis dan meta-analisis dari semua uji klinis yang tersedia tentang efek makan kacang, ditemukan bahwa makan sekitar 3/4 cangkir (130 gram) setiap hari kacang-kacangan menyebabkan penurunan berat badan 0,34 kilogram.

Penelitian ini didasarkan pada penelitian sebelumnya oleh Pusat Modifikasi Nutrisi Klinis dan Faktor Risiko rumah sakit, bahwa mengonsumsi kacang-kacangan setiap hari membuat orang merasa lebih kenyang daripada jika mereka makan makanan yang terkontrol. Makan kacang-kacangan juga dapat secara signifikan mengurangi kolesterol jahat.

Baca juga : Amanda Manopo Bete, Billy Saputra Lupa Tanggal Ulang Tahunnya Hari Ini

"Terlepas dari manfaat kesehatannya yang diketahui, hanya 13% orang Kanada yang makan kacang-kacangan pada hari tertentu dan kebanyakan tidak makan porsi penuh," kata Dr. Russell de Souza, seorang peneliti di Institut Pengetahuan Li Ka Shing di Rumah Sakit St. Michael yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition .

"Jadi, ada ruang bagi sebagian besar dari kita untuk memasukkan kacang-kacangan ke dalam makanan kita dan menyadari potensi manfaat pengelolaan berat badan," lanjutnya dilansir dari Science Daily, Sabtu (5/12).

Meta-analisis mengamati 21 uji klinis yang melibatkan 940 pria dan wanita dewasa, yang kehilangan rata-rata 0,34 kg (0,75 pon) selama enam minggu dengan penambahan satu porsi kacang-kacangan ke dalam makanan dan tanpa melakukan upaya tertentu untuk mengurangi makanan lain.



Kacang-kacangan memiliki indeks glikemik rendah atau makanan yang terurai perlahan dan dapat digunakan untuk mengurangi atau menggantikan protein hewani serta lemak jahat seperti lemak trans. De Souza mencatat bahwa 90% dari intervensi penurunan berat badan gagal, mengakibatkan berat badan kembali, yang mungkin disebabkan oleh rasa lapar dan mengidam makanan.

"Studi baru ini sangat cocok dengan penelitian kami sebelumnya, yang menemukan bahwa denyut nadi meningkatkan perasaan kenyang hingga 31%, yang memang dapat mengakibatkan asupan makanan yang lebih sedikit," jelas Dr. de Souza.

Tinjauan sistematis dan meta analisis lain yang diterbitkan baru-baru ini menemukan bahwa makan rata-rata satu porsi kacang, kacang polong, buncis, atau lentil sehari juga dapat mengurangi kolesterol jahat hingga 5% dan karena itu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

Baca juga : Luar Biasa! Rating Ikatan Cinta Tembus 11,2 & Audience Share 40,2%, MNCN Kian Terdepan

Mengetahui makanan mana yang membuat orang merasa kenyang lebih lama dapat membantu mereka menurunkan berat badan dan mempertahankannya.
"Meskipun penurunan berat badan kecil, temuan kami menunjukkan bahwa memasukkan kacang-kacangan ke dalam makanan Anda dapat membantu Anda menurunkan berat badan, dan kami pikir yang lebih penting, mencegah Anda mendapatkan kembali setelah Anda kehilangannya," ungkap Dr. de Souza.
(wur)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top