Hadirkan Ruang Apartemen Ramah Anak Selama Belajar Jarak Jauh

Selasa, 12 Mei 2020 - 20:32 WIB
loading...
Hadirkan Ruang Apartemen Ramah Anak Selama Belajar Jarak Jauh
Selain penataan ruang dengan furnitur yang mendukung, suasana tenang juga berperan penting dalam menjaga efektivitas anak saat belajar. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Sejak pertengahan Maret 2020, kegiatan belajar mengajar di sekolah diliburkan guna mematuhi kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Pada masa PSBB, kegiatan belajar mengajar pun dilakukan di rumah melalui media yang paling efektif seperti program pendidikan di televisi nasional, pembelajaran jarak jauh yang diselenggarakan melalui platform daring, sampai rutinitas mengirimkan video tugas sekolah kepada para guru.

Akan tetapi, di balik efektivitas kegiatan belajar di rumah, anak-anak sering merasa jenuh dan mudah terdistraksi sehingga membuat orangtua kewalahan untuk menyiasati keadaan agar tetap kondusif.

Kondisi tersebut diperkuat oleh hasil survei “Ada Apa dengan COVID-19” yang dihimpun oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) yang menunjukkan bahwa 58% anak tidak merasa senang selama menjalani kebijakan belajar di rumah. Selain disebabkan biaya kuota internet yang semakin mahal, 38% anak merasa sekolah belum memiliki program yang baik untuk menerapkan kegiatan belajar di rumah. (Baca Juga: Anak Belajar Berpuasa, Asupan Gizi Tetap Harus Terpenuhi)

Maka, untuk menanggapi hal tersebut, KPPPA mengimbau agar proses pendampingan selama belajar di rumah menjadi tanggung jawab bersama orangtua dan lembaga pendidikan. Oleh karena itu, orangtua pun berupaya menghadirkan suasana hunian yang lebih ramah anak sekaligus kondusif untuk belajar di rumah, baik dari segi pengaturan waktu, kuota internet yang memadai, koordinasi dengan guru, tata ruang yang mendukung, maupun lingkungan asri yang menghadirkan kenyamanan untuk belajar.

Namun, rumah bukan satu-satunya jenis hunian yang ditinggali oleh keluarga dengan anak-anak usia sekolah, tetapi juga hunian vertikal seperti apartemen. Di Jakarta khususnya, banyak keluarga yang memilih tinggal di apartemen karena terletak di lokasi yang strategis, infrastruktur modern, serta menyediakan fasilitas lengkap untuk seluruh anggota keluarga. Walau luas unitnya lebih kecil daripada rumah tapak, bukan tidak mungkin keluarga dapat menyiasati ruang dan suasana di apartemen menjadi ramah anak selagi melakukan pembelajaran jarak jauh.

Agar suasana apartemen menjadi lebih ramah anak selama pembelajaran jarak jauh, orangtua dapat memanfaatkan ruang tengah sebagai tempat belajar dengan barang-barang pendukung yang ditata rapi dan mudah dijangkau, sehingga waktu belajar anak akan lebih efektif. Selain itu, pemilihan ruang tengah sebagai tempat belajar juga membuat orangtua lebih leluasa memantau anak dari dekat sambil beraktivitas, sekaligus meningkatkan intensitas komunikasi dengan masing-masing anggota keluarga.

Paduan meja belajar berwarna lembut dan serbaguna, pencahayaan alami serta dekorasi dinding atraktif di salah satu sudut kamar juga membantu menceriakan suasana belajar anak, khususnya pada pagi dan siang hari.

Selain penataan ruang dengan furnitur yang mendukung, suasana tenang juga berperan penting dalam menjaga efektivitas anak saat belajar. Mengingat tinggal di apartemen juga meminimalisir kebisingan suara dari luar, alih-alih menyalakan televisi atau gawai dengan volume keras, nyalakan efek white noise agar anak tetap fokus mengerjakan tugas-tugas sekolah. Jika sedang bosan belajar, siasati salah satu area tembok atau kaca jendela untuk digambar-gambar menggunakan spidol atau krayon yang mudah dibersihkan sehingga merangsang daya kreativitas anak.

Tak hanya itu, fasilitas umum di apartemen seperti perpustakaan atau taman yang asri bisa dimanfaatkan sebagai alternatif tempat belajar pada pagi hari dengan tetap memberlakukan physical distancing dan didampingi orangtua.

Perusahaan pengembang properti PT Waskita Karya Realty (Waskita Realty) melalui anak perusahaannya, PT Waskita FIM Perkasa Realti (WFPR), berupaya merangkum seluruh kriteria apartemen ramah anak bagi keluarga Jakarta melalui Vasaka Solterra. Terletak di kawasan Pejaten, Jakarta Selatan, lokasi strategis Vasaka Solterra memiliki akses yang mudah ke sekolah dan aneka pusat hiburan ramah anak.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1253 seconds (0.1#10.140)