Studi: Thyme Mampu Obati Jerawat

Selasa, 08 Desember 2020 - 09:01 WIB
loading...
Studi: Thyme Mampu Obati Jerawat
Thyme bisa lebih efektif dalam mengobati jerawat daripada krim resep. Hal ini berdasarkan peneliti yang dilakukan tim di Leeds Metropolitan University. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Thyme bisa lebih efektif dalam mengobati jerawat daripada krim resep. Menurut penelitian yang dipresentasikan di Konferensi Musim Semi Society for General Microbiology di Dublin, pengujian klinis lebih lanjut dapat menghasilkan perawatan yang efektif dan lebih lembut untuk kondisi kulit.

Para peneliti dari Leeds Metropolitan University menguji efek tincture thyme, marigold dan myrrh pada propionibacterium acnes, bakteri yang menyebabkan jerawat dengan menginfeksi pori-pori kulit dan membentuk bintik-bintik, yang berkisar dari kepala putih hingga kista berisi kotoran. (Baca juga: Ingin Jerawat Hilang dari Wajah? Coba ya Pakai Teh Hijau )

Kelompok tersebut menemukan bahwa sementara semua sediaan mampu membunuh bakteri setelah lima menit terpapar, thyme paling efektif dari ketiganya. Terlebih lagi, mereka menemukan bahwa tincture thyme memiliki efek antibakteri yang lebih besar daripada konsentrasi standar benzoyl peroxide, bahan aktif di sebagian besar krim atau pencuci wajah anti-jerawat.

Dr Margarita Gomez-Escalada yang memimpin proyek penelitian menjelaskan bagaimana tincture dibuat dari tumbuhan. "Bahan tanaman direndam dalam alkohol selama berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu untuk menyiapkan tincture. Proses ini mengeluarkan senyawa aktif dari tanaman," kata Dr Gomez.

"Sementara thyme, marigold dan myrrh adalah alternatif herbal yang umum untuk pencucian kulit antibakteri standar. Ini adalah studi pertama untuk mendemonstrasikan efeknya pada bakteri yang menyebabkan infeksi yang menyebabkan jerawat," lanjutnya dilansir dari Science Daily.

Para peneliti menggunakan model in vitro standar yang digunakan untuk menguji efek zat berbeda yang diterapkan pada kulit. Efek tincture diukur terhadap kontrol alkohol, di mana membuktikan aksi antibakteri mereka tidak hanya karena efek sterilisasi alkohol yang mereka siapkan. (Baca juga: Vaksin COVID-19 Telah Tiba! Ini Kandungan di Dalamnya )

"Kami sekarang perlu melakukan tes lebih lanjut dalam kondisi yang meniru lebih dekat lingkungan kulit dan bekerja pada tingkat molekuler bagaimana tincture ini bekerja. Jika tincture thyme terbukti efektif secara klinis seperti yang disarankan oleh temuan kami, itu mungkin alternatif alami untuk perawatan saat ini," ungkap Dr Gomez.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1228 seconds (0.1#10.140)