Pilih Nutrisi Tepat Saat Puasa

Selasa, 12 Mei 2020 - 21:30 WIB
loading...
Pilih Nutrisi Tepat Saat Puasa
Minum cukup air tidak hanya melembabkan tubuh, tetapi juga akan bertindak sebagai detoksifikasi tubuh. Foto/Ilustrasi/Express.co.uk
A A A
JAKARTA - Saat ini umat muslim di dunia tengah menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Namun, untuk pertama kalinya, puasa Ramadhan tahun ini bertepatan dengan mewabahnya sebuah penyakit, yaitu COVID-19.

Berbagai kekhawatiran pun muncul apakah puasa dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh. Jangan khawatir, selama Anda mengadopsi gaya hidup sehat dan mempertahankan pikiran positif pada diri, ibadah puasa Anda akan tetap berjalan lancar dan sehat. (Baca Juga: Waspadai Kebiasaan Tak Sehat yang Sering Dilakukan Saat Berbuka Puasa)

Di Indonesia sendiri, meskipun ada kecenderungan masyarakat untuk mengonsumsi makanan yang kurang sehat, terutama pada saat buka puasa, informasi mengenai pentingnya asupan bernutrisi selalu digaungkan. Berikut beberapa cara sehat yang bisa Anda terapkan agar tetap sehat selama berpuasa, seperti dilansir laman Times of India.

1. Tetap Terhidrasi
Minumlah banyak air, yaitu dua liter sehari untuk menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi. Minum cukup air tidak hanya melembabkan tubuh, tetapi juga akan bertindak sebagai detoksifikasi tubuh.

2. Konsumsi Buah dan Makanan Berserat
Mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan air tinggi seperti mentimun, tomat, semangka, labu, dan jeruk bisa menjadi energi tambahan, menambah kecukupan serat harian Anda, dan membuat rasa kenyang lebih terjaga.

3. Hindari Kafein
Saat berpuasa hindari minuman berkafein seperti kopi, teh, dan cola. Pilih minuman manis dengan gula alami seperti air kelapa murni atau jus tanpa gula. Minuman-minuman tersebut dapat membantu Anda memberi dorongan nutrisi dan menenangkan pH lambung.

4. Hindari Makanan Kemasan
Hindarilah memakan makanan kemasan dan cepat saji yang mengandung banyak sodium karena dapat menyebabkan kembung, retensi air, dan mudah haus. Jauhi pula makanan yang disajikan dengan cara digoreng pada saat berbuka. (Baca Juga: 8 Tips Sehat Buka Puasa, Makan Kurma hingga Protein Tanpa Lemak)

5. Sahur dengan Makanan Tepat
Makanan berkarbohidrat kompleks seperti nasi merah, roti gandum, yoghurt, sayuran hijau, daging, dan telur adalah beberapa sumber pangan yang sangat baik dikonsumsi saat sahur.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1073 seconds (0.1#10.140)