Selain 3M, Berkumur dengan Mouthwash Juga Bantu Cegah Sebaran Virus COVID-19

Rabu, 09 Desember 2020 - 21:50 WIB
loading...
A A A
"Hasil studi tadi didukung oleh sebuah uji klinis dari sekelompok peneliti independen di Singapura yang melibatkan sejumlah penderita COVID-19. Uji klinis tersebut memperlihatkan bahwa berkumur dengan mouthwash yang mengandung CPC dapat mengurangi jumlah virus SARS-CoV-2 secara signifikan setelah berkumur selama 30 detik, dan efeknya bertahan selama 6 jam," timpal Dr. drg. Armelia Sari Widyarman, M.Kes, Dokter Gigi sekaligus Peneliti.

( )

Sementara Head of Unilever Global Oral Care R&D Glyn Roberts PhD menerangkan, meskipun penelitian dari Unilever ini masih terus berlanjut, para ilmuwan terkemuka telah meninjau data studi tersebut dan setuju bahwa dengan membagikan hasilnya secara luas, masyarakat dapat mempertimbangkan untuk mengikutsertakan berkumur dengan mouthwash berbasis CPC sebagai tambahan dari tindakan pencegahan transmisi COVID-19.

Hal itu disetujui oleh Prof. Iain Chapple, Head of Research di Institute of Clinical Sciences, University of Birmingham. Menurutnya, mouthwash dengan kandungan teknologi CPC dapat menjadi langkah sederhana, efektif, dan aman bagi masyarakat untuk mengambil tindakan perlindungan dan pencegahan transmisi COVID-19 bersama dengan langkah-langkah yang direkomendasikan oleh otoritas kesehatan.
(tsa)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1873 seconds (0.1#10.140)