Studi: Sakit Mata Bisa Menjadi Salah Satu Gejala COVID-19

Kamis, 10 Desember 2020 - 09:29 WIB
loading...
A A A
Sebuah laporan yang diterbitkan pada bulan Maret di JAMA Ophthalmology menemukan hampir sepertiga dari sampel kecil pasien dengan COVID-19 di provinsi Hubei, Cina, memiliki manifestasi mata yang konsisten dengan mata merah.

Kebanyakan yang mengalami gejala mata ini memiliki kasus COVID-19 yang parah. Hanya satu pasien yang mengalami konjungtivitis sebagai gejala pertama. Pada awal pandemi, para ahli mengungkapkan meski kebanyakan orang terinfeksi COVID-19 melalui hidung atau mulut, virus juga bisa masuk ke sistem melalui mata.

Mata dilapisi oleh selaput lendir, cairan pelindung yang kental. Utamanya, selaput ini untuk menghentikan kotoran dan pasir memasuki tubuh melalui mata, serta memastikan mata tetap terhidrasi dengan baik. Namun, dengan COVID-19, selaput lendir ini menjadi titik akses yang mudah bagi virus untuk masuk ke tubuh.

Selanjutnya, virus juga bisa menyebar melalui air mata. Jika air mata mendarat di permukaan, penting untuk mendisinfeksi karena COVID-19 dapat hidup di luar tubuh (yang merupakan cara lain penyebarannya). Diperkirakan bahwa virus dapat hidup hingga 24 jam pada karton dan hingga tiga hari pada plastik dan baja tahan karat.

Baca juga : Dibuat China, Efektifkah Vaksin Sinovac? Ini Penjelasannya!

Untuk menghentikan penyebaran virus corona baru, adalah menjaga jarak setidaknya dua meter dari siapa pun yang tidak ada dalam lingkaran Anda. Anda juga harus sering mencuci tangan dengan sabun dan air, setidaknya selama 20 detik, dan segera cuci tangan setelah sampai di rumah.

Taruh barang bekas di tempat sampah segera dan cuci tangan setelahnya, tutupi mulut dan hidung dengan tisu atau lengan baju saat batuk atau bersin, kenakan sesuatu yang menutupi hidung dan mulut saat sulit untuk menjauh dari orang, dan jangan sentuh mata, hidung atau mulut jika tangan tidak bersih.
(wur)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1518 seconds (0.1#10.140)