alexametrics

6 Ide Inspiratif untuk Ceriakan Ramadhan Keluarga di Rumah

loading...
6 Ide Inspiratif untuk Ceriakan Ramadhan Keluarga di Rumah
Membuat video-video kreatif merupakan cara yang baik untuk melepaskan stres dan tekanan. Foto/Ilustrasi/Electrodealpro.com
A+ A-
JAKARTA - Tak terasa Ramadhan sudah memasuki minggu ketiga. Di pengujung bulan suci umat Islam ini, semangat ibadah harus kian ditingkatkan. Selain itu, keceriaan juga harus tetap dijaga, walau Ramadhan kali ini terasa berbeda dari tahun sebelumnya.

Ya, jutaan umat muslim di seluruh dunia, termasuk Indonesia, memang harus menjalani Ramadhan dengan cara yang berbeda tahun ini. Akibat pandemi corona, tidak ada pertemuan di masjid untuk salat tarawih, buka puasa/makan malam bersama teman, dan perayaan Idul Fitri maupun mudik. (Baca Juga: Hadirkan Ruang Apartemen Ramah Anak Selama Belajar Jarak Jauh)

Namun, Anda tak perlu berkecil hati. Masih ada banyak kegiatan menyenangkan yang dapat dilakukan di rumah sepanjang bulan suci ini. Beberapa ide berikut mungkin bisa menginspirasi Anda dan keluarga untuk menciptakan keceriaan Ramadhan di rumah.



1. Tenangkan Pikiran dengan Menggambar dan Mewarnai
Jika Anda mencari kegiatan yang menenangkan, Anda dapat belajar sesuatu yang baru atau sebelumnya tidak sempat dilakukan, seperti menggambar dan mewarnai. Menggambar dan mewarnai bisa jadi lebih dari sekadar cara untuk menghabiskan waktu.

Studi menunjukkan bahwa kedua kegiatan tersebut dapat memiliki efek yang signifikan terhadap kesehatan mental. Anda dapat mulai dengan menggambar benda-benda yang ada di rumah, termasuk hewan peliharaan, sepatu, atau tanaman favorit.

Terdapat banyak sekali template mewarnai yang bisa diunduh secara gratis serta berbagai kelas daring di media sosial yang bakal mengajarkan Anda langkah-langkah menggambar. Misalnya, dikutip dari siaran pers NBA, untuk para penggemar basket, laman NBA Asia menyediakan template mewarnai bertemakan basket yang dapat diunduh.

2. Menanam Sayur dan Buah
Aktivitas lain yang dapat menenangkan pikiran dan dilakukan oleh semua anggota keluarga ketika terisolasi di rumah adalah berkebun. Anda bisa mulai menanam sayuran seperti bayam, cabai, terong, atau jeruk dan membuat kompos dari limbahnya.

Merawat tanaman dapat mengurangi stres akibat pandemi sekaligus menyatukan anggota keluarga. Menurut The Old Farmer’s Almanac, Anda perlu memilih tempat yang tepat, memilih ukuran plot, memilih sayuran yang ingin ditanam, serta memutuskan di mana dan kapan menanam untuk mulai berkebun sayur.

3. Membuat Kue Idul Fitri
Ceriakan akhir pekan Anda yang sebentar lagi tiba dengan membuat kue Lebaran sendiri seperti nastar, kastengel, dan putri salju. Saat ini, banyak resep yang tersedia secara online. Anda juga dapat membagikan kue ini sebagai hadiah untuk keluarga, teman, tetangga, ataupun orang-orang yang kurang mampu sebagai cara menunjukkan rasa kasih sekaligus menjaga ikatan sosial di tengah pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

4. Ikuti Tren dan Taklukkan Tantangan TikTok
Siapa yang setuju kalau kita sedang dalam tahap karantina, di mana semua orang mencoba menaklukkan tantangan TikTok? Membuat video-video kreatif merupakan cara yang baik untuk melepaskan stres dan tekanan. Tapi, Anda juga bisa membawa tantangan TikTok ke tingkat selanjutnya.

Dikutip kembali dari siaran pers NBA, bagi pemain ataupun penggemar basket, Anda dapat menunjukkan keterampilan basket terbaik Anda dan berpartisipasi dalam tantangan Jr. NBA Asia. Lihat akun resmi Instagram Jr. NBA Asia (@jrnbaasia) dan temukan tantangannya yang diikuti dengan tagar #BLINDFOLDCHALLENGE dan #TOOSIESLIDECHALLENGE.

5. Olahraga dan Tetap Bergerak Aktif
Selama pembatasan sosial, Anda mungkin kesulitan berolahraga seperti biasanya. Faktanya, pada keadaan seperti ini, gaya hidup aktif menjadi semakin penting. Anda dapat mulai dengan melakukan gerakan fisik ringan selama 3-4 menit, seperti berjalan atau peregangan. (Baca Juga: Tips Olahraga Saat Puasa Agar Tak Lemas dan Batal)

Kegiatan fisik yang teratur memberikan manfaat bagi tubuh dan pikiran. Ada banyak petunjuk peregangan dan latihan. Ambil contoh, Anda dapat mengakses Jr. NBA at Home untuk berbagai latihan basket yang bisa dilakukan di rumah maupun di tempat yang terbatas.

6. Buat Diri Anda Terinspirasi oleh Dokumenter yang Bagus
Terakhir, tambah wawasan Anda dan tenggelam dalam berbagai dokumenter yang bagus. Saat ini, film dokumenter sangat mudah diakses dan menarik karena memberikan cerita yang autentik serta membantu kita untuk dapat memahami kehidupan dari sudut pandang orang lain.

Salah satu film dokumenter terbaru yang telah menjangkau 6,3 juta penonton pada episode pertamanya adalah The Last Dance, serial dokumenter yang menggambarkan cerita Michael Jordan yang belum pernah diketahui publik sebelumnya. Saat ini film dokumenter tersebut tersedia di Netflix dan Anda dapat menontonnya bersama teman-teman melalui Netflix Party.
(tsa)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak