6 Ide Inspiratif untuk Ceriakan Ramadhan Keluarga di Rumah

Rabu, 13 Mei 2020 - 09:32 WIB
loading...
6 Ide Inspiratif untuk Ceriakan Ramadhan Keluarga di Rumah
Membuat video-video kreatif merupakan cara yang baik untuk melepaskan stres dan tekanan. Foto/Ilustrasi/Electrodealpro.com
A A A
JAKARTA - Tak terasa Ramadhan sudah memasuki minggu ketiga. Di pengujung bulan suci umat Islam ini, semangat ibadah harus kian ditingkatkan. Selain itu, keceriaan juga harus tetap dijaga, walau Ramadhan kali ini terasa berbeda dari tahun sebelumnya.

Ya, jutaan umat muslim di seluruh dunia, termasuk Indonesia, memang harus menjalani Ramadhan dengan cara yang berbeda tahun ini. Akibat pandemi corona, tidak ada pertemuan di masjid untuk salat tarawih, buka puasa/makan malam bersama teman, dan perayaan Idul Fitri maupun mudik. (Baca Juga: Hadirkan Ruang Apartemen Ramah Anak Selama Belajar Jarak Jauh)

Namun, Anda tak perlu berkecil hati. Masih ada banyak kegiatan menyenangkan yang dapat dilakukan di rumah sepanjang bulan suci ini. Beberapa ide berikut mungkin bisa menginspirasi Anda dan keluarga untuk menciptakan keceriaan Ramadhan di rumah.

1. Tenangkan Pikiran dengan Menggambar dan Mewarnai
Jika Anda mencari kegiatan yang menenangkan, Anda dapat belajar sesuatu yang baru atau sebelumnya tidak sempat dilakukan, seperti menggambar dan mewarnai. Menggambar dan mewarnai bisa jadi lebih dari sekadar cara untuk menghabiskan waktu.

Studi menunjukkan bahwa kedua kegiatan tersebut dapat memiliki efek yang signifikan terhadap kesehatan mental. Anda dapat mulai dengan menggambar benda-benda yang ada di rumah, termasuk hewan peliharaan, sepatu, atau tanaman favorit.

Terdapat banyak sekali template mewarnai yang bisa diunduh secara gratis serta berbagai kelas daring di media sosial yang bakal mengajarkan Anda langkah-langkah menggambar. Misalnya, dikutip dari siaran pers NBA, untuk para penggemar basket, laman NBA Asia menyediakan template mewarnai bertemakan basket yang dapat diunduh.

2. Menanam Sayur dan Buah
Aktivitas lain yang dapat menenangkan pikiran dan dilakukan oleh semua anggota keluarga ketika terisolasi di rumah adalah berkebun. Anda bisa mulai menanam sayuran seperti bayam, cabai, terong, atau jeruk dan membuat kompos dari limbahnya.

Merawat tanaman dapat mengurangi stres akibat pandemi sekaligus menyatukan anggota keluarga. Menurut The Old Farmer’s Almanac, Anda perlu memilih tempat yang tepat, memilih ukuran plot, memilih sayuran yang ingin ditanam, serta memutuskan di mana dan kapan menanam untuk mulai berkebun sayur.

3. Membuat Kue Idul Fitri
Ceriakan akhir pekan Anda yang sebentar lagi tiba dengan membuat kue Lebaran sendiri seperti nastar, kastengel, dan putri salju. Saat ini, banyak resep yang tersedia secara online. Anda juga dapat membagikan kue ini sebagai hadiah untuk keluarga, teman, tetangga, ataupun orang-orang yang kurang mampu sebagai cara menunjukkan rasa kasih sekaligus menjaga ikatan sosial di tengah pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

4. Ikuti Tren dan Taklukkan Tantangan TikTok
Siapa yang setuju kalau kita sedang dalam tahap karantina, di mana semua orang mencoba menaklukkan tantangan TikTok? Membuat video-video kreatif merupakan cara yang baik untuk melepaskan stres dan tekanan. Tapi, Anda juga bisa membawa tantangan TikTok ke tingkat selanjutnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2078 seconds (0.1#10.140)