Resep Bikin Yogurt yang Bisa Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Sabtu, 12 Desember 2020 - 13:01 WIB
loading...
Resep Bikin Yogurt yang Bisa Mengurangi Risiko Penyakit Jantung
Yogurt sangat bergizi dan menyehatkan. Salah satunya, terbukti mengurangi risiko penyakit jantung. Anda pun bisa membuatnya di rumah. Ini resepnya! Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Yogurt sangat bergizi dan mengkonsuminya secara teratur dapat meningkatkan beberapa aspek kesehatan. Salah satunya, yogurt terbukti mengurangi risiko penyakit jantung dan osteoporosis, serta membantu manajemen berat badan.

Seperti diketahui, yogurt adalah produk susu populer yang dibuat dengan fermentasi bakteri pada susu. Bakteri yang digunakan untuk membuat yoghurt disebut kultur yoghurt, yang memfermentasi laktosa, gula alami yang terdapat dalam susu. (Baca juga: Resep Nasi Goreng Kembang Kol yang Ramah untuk Berat Badan )

Proses ini menghasilkan asam laktat, zat yang menyebabkan protein susu mengental, memberi yogurt rasa dan tekstur yang unik. Yogurt bisa dibuat dari semua jenis susu. Varietas yang terbuat dari susu skim dianggap bebas lemak, sedangkan yang terbuat dari susu murni dianggap penuh lemak.

Yoghurt polos tanpa pewarna tambahan adalah cairan kental berwarna putih dengan rasa yang tajam. Sayangnya, sebagian besar merek komersial mengandung bahan tambahan, seperti gula dan perasa buatan. Yogurt ini tidak baik untuk kesehatan Anda.

Di sisi lain, yogurt tawar tanpa pemanis menawarkan banyak manfaat kesehatan. Jadi tanpa basa-basi lagi, berikut resep membuat yogurt di rumah seperti dikutip dari Cookpad, Sabtu (12/12).

Bahan-bahan:
500 ml susu full cream plain
2 sdm plain yogurt
2 sdm susu bubuk

Cara membuat:
Sterilisasi alat dan wadah terlebih dahulu sebelum digunakan dengan menyiram air panas atau mendidih. Diamkan sesaat, keringkan. Tuang susu kedalam panci, rebus dengan api kecil hingga hangat kuku atau suhu 40°C. Matikan api. (Baca juga: NCT Akan Tampil di MTV World Stage Indonesia 2020 )

Sambil menunggu, dimangkok kecil campurkan susu bubuk dan yoghurt. Tambahkan sedikit susu hangat, aduk rata. Masukkan susu bubuk dan yoghurt dengan disaring ke dalam susu hangat dan aduk rata kembali. Masukkan kedalam wadah plastik, tutup rapat.

Balut dengan handuk atau selimut. Diamkan selama 20 jam ditempat yang aman tanpa digeser - geser. Setelah 20 jam, buka pembungkus. Tanda yoghurt jadi bila tekstur lebih padat dan berbau segar. Masukkan dalam kulkas, siap yogurt siap disajikan.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9957 seconds (0.1#10.140)