Kenali Sindrom Baby Blues dan Cara Mengatasinya

Selasa, 15 Desember 2020 - 21:55 WIB
loading...
A A A
Cara Mengatasi

Sindrom Baby Blues akan hilang dengan sendirinya. Walaupun begitu, jika Anda mengalami kondisi tersebut harus dikelola dengan baik agar tidak menjadi kondisi yang lebih parah di kemudian hari. Beberapa hal yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut.

1. Jangan Bebani Diri
Mengurus bayi dan keluarga bagi ibu yang baru melahirkan merupakan hal yang besar, namun tidak semua hal dapat dikerjakan beriringan seperti biasanya. Kerjakanlah apa yang sanggup dikerjakan dulu. Bila merasa kewalahan saat mengurus bayi atau pekerjaan rumah, maka segera minta bantuan orang terdekat yang dipercaya.

2. Tidur Cukup
Ibu pascamelahirkan akan mengalami perubahan siklus tidur. Manfaatkan waktu tidur bayi sebagai waktu tidur ibu juga. Jika bayi terbangun di malam hari dan ibu masih perlu waktu tidur, segera minta bantuan suami untuk menenangkan bayi.

3. Olahraga
Olahraga merupakan kegiatan yang dapat membantu seseorang menyegarkan diri. Olahraga ringan dan rutin tidak hanya bisa mengalihkan perhatian dan kekhawatiran yang dirasakan, juga membantu meningkatkan mood serta kualitas tidur.

( )

4. Mengonsumsi Makanan Bernutrisi
Beberapa kandungan makanan dapat membantu menjaga kesehatan mental dengan berfungsi menstabilkan mood. Seperti makanan yang mengandung vitamin B12 (ikan, daging, sereal, susu dan telur), zat besi (sayuran hijau), omega 3 (ikan dan kedelai), serta zink (kerang, daging, kacang dan cokelat hitam).

5. Berbagi Cerita
Dianjurkan kepada ibu yang baru melahirkan bersosialisasi dengan ibu-ibu lain yang baru melahirkan juga agar dapat bertukar cerita mengenai perasaan yang sedang dialami. Ibu dapat memulai menceritakan permasalahan yang sedang dialami kepada suami terlebih dulu. Kedua hal ini dapat meningkatkan ketahanan mental dan kemampuan adaptasi sang ibu.
(tsa)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1435 seconds (0.1#10.140)