Dengan Langkah Ini, Kesehatan Anda Tetap Terjaga saat Musim Penghujan

Jum'at, 18 Desember 2020 - 04:51 WIB
loading...
Dengan Langkah Ini, Kesehatan Anda Tetap Terjaga saat Musim Penghujan
Selama musim penghujan di masa pandemi ini, masyarakat perlu menjaga sistem imunitas dengan cara memperbaiki pola hidup dan menjaga kebersihan. / Foto: Ilustrasi/justrunlah
A A A
JAKARTA - Masyarakat perlu menjaga sistem imunitas dengan cara memperbaiki pola hidup dan menjaga kebersihanselama musim penghujan di tengah pandemi Covid-19 ini. Berolahraga merupakan salah satu cara bijak untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap fit dan tidak mudah sakit.

(Baca juga: Perhatikan, Gejala Covid-19 Bisa Bertahan Satu Tahun )

Selain itu, olahraga juga bermanfaat untuk mempertahankan fungsi jantung dan memperkuat otot yang berperan dalam mekanisme resistensi insulin. "Anda bisa melakukannya kurang lebih 15-30 menit per hari dan dilakukan 4-5 kali seminggu, seperti jogging atau aerobik," sebut Section Head of Claim Sequis, dr. Yosef Fransiscus dalam keterangan resminya, belum lama ini.

"Saat pandemi, sebaiknya berolahraga jauhi tempat ramai, lakukan seorang diri atau hanya bersama keluarga di sekitar rumah saja dengan tetap patuhi protokol kesehatan. Hal ini karena saat di luar rumah Anda berisiko terpapar dengan berbagai virus dan bakteri," lanjutnya.

Soal makanan, dr Yosef menyarankan agar memprioritaskan makanan yang mengandung tinggi serat dan vitamin serta mineral. "Perlu juga membatasi penggunaan minyak dan pemanis untuk mencegah sindrom metabolik. Hindari makanan pedas karena dapat meningkatkan asam lambung," ungkapnya.

Apabila Anda akan menambah asupan vitamin, sebaiknya yang larut air, yaitu vitamin B dan C serta vitamin larut lemak berupa vitamin A, D, E dan K.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam RS Bethsaida Hospital Tangerang, dr Yunita Maslim, Sp.PD menuturkan, khusus untuk vitamin D, dirasa penting saat pandemi karena membantu mempercepat penyembuhan saat terserang virus Covid-19 melalui mekanisme regulasi sistem imun tubuh.

Namun, untuk mencukupi kebutuhan vitamin D, kita perlu tahu status vitamin D dalam tubuh dengan cara melakukan pemeriksaan darah vena di lab untuk mengetahui kadar 25OHD dalam tubuh.

"Jika diketahui kadarnya adalah insufisiensi bahkan defisiensi (kadar 25OHD di bawah 30 ng/mL) maka berjemur saja tidak cukup, perlu ditambahkan konsumsi makanan tinggi vitamin D (ikan laut dalam, udang, juning telur, keju dan susu) serta suplementasi vitamin D," kata dr Yunita.

(Baca juga: Pandemi Covid-19, Anak Dituntut untuk Cepat Beradaptasi )

Melindungi tubuh juga dapat dilakukan dengan vaksin. Pemberian vaksinasi dapat diberikan pada balita dan usia produktif (18-64 tahun). Demi menghindari penyakit endemi saat musim hujan, dr Yunita menyarankan orang dewasa juga melakukan vaksin, yakni vaksin influenza, pneumonia, tifoid, dan hepatitis A. Hal ini juga sesuai anjuran Satgas imunisasi Perhimpunan Dokter Ahli Penyakit Dalam (PAPDI).
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1496 seconds (0.1#10.140)