Mengenal Sindrom Tourette yang Diidap Billie Eilish

Sabtu, 19 Desember 2020 - 14:45 WIB
loading...
Mengenal Sindrom Tourette yang Diidap Billie Eilish
foto / dok istimewa
A A A
JAKARTA - Pengakuan penyanyi Billie Eilish perihal sindrom tourette pada pertengahan tahun lalu kembali menjadi trending topik. Kondisi ini sudah diidap pelantun Bad Guy itu sejak kecil, yang membuatnya tiba-tiba menggerakkan mata ke samping dan menaikkan salah satu alis matanya beberapa kali.

Dilansir dari Mayo Clinic, Sabtu (19/12) sindrom tourette adalah kelainan yang melibatkan gerakan berulang atau suara yang tidak diinginkan (tics) yang tidak dapat dikontrol dengan mudah. Misalnya, Anda berulang kali mengedipkan mata, mengangkat bahu, atau mengeluarkan suara yang tidak biasa atau kata-kata yang menyinggung.

Baca juga : Bikinnya Mudah, Tahu Bacem Cocok Dijadikan Lauk di Rumah

Tics biasanya muncul antara usia 2 dan 15, dengan rata-rata sekitar usia 6 tahun. Laki-laki sekitar tiga sampai empat kali lebih mungkin dibandingkan perempuan untuk mengembangkan sindrom tourette.

Baca juga : Komit Emotional Well Being, Nadya Hutagalung Tidak Banyak Berubah

Meskipun tidak ada obat untuk sindrom tourette, perawatan tersedia. Banyak orang dengan sindrom tourette tidak memerlukan perawatan saat gejalanya tidak mengganggu. Tics sering berkurang atau menjadi terkontrol setelah masa remaja.

Baca juga : Berbagi Kado Natal, Ini Pilihan Produk Kecantikan Mewah

Tics gerakan atau suara yang tiba-tiba, singkat, dan terputus-putus adalah gejala khas sindrom tourette. Gejala ini dapat berkisar dari ringan hingga parah. Gejala yang parah dapat mengganggu komunikasi, fungsi sehari-hari, dan kualitas hidup secara signifikan.

Tics diklasifikasikan sebagai tics sederhana yakni tics yang tiba-tiba, singkat, dan berulang ini melibatkan sejumlah kelompok otot. Sedangkan tics yang rumit, adalah pola gerakan yang berbeda dan terkoordinasi ini melibatkan beberapa kelompok otot.

Baca juga : 15 Kata-Kata Bijak Warren Buffet untuk Motivasi Kesuksesan
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2029 seconds (0.1#10.140)