Cincin Ini Diklaim Bisa Deteksi Virus COVID-19

Minggu, 20 Desember 2020 - 00:12 WIB
loading...
Cincin Ini Diklaim Bisa Deteksi Virus COVID-19
Cincin Oura bisa mencatat suhu, detak jantung, laju pernapasan, dan tingkat aktivitas seseorang. Foto/Oura/Getty Images
A A A
JAKARTA - Cincin pintar yang memantau fluktuasi suhu dapat membantu mengingatkan tentang COVID-19, meskipun gejala Anda tidak kentara. Penemuan awal ini adalah hasil dari studi kesehatan besar-besaran yang dilakukan oleh para peneliti di University of California dan MIT Lincoln Lab mengenai aplikasi kesehatan dari memakai cincin pintar yang disebut cincin Oura.

Studi ini melibatkan 65.000 orang tetapi para peneliti berfokus pada 50 orang yang memiliki cincin sensor dan telah mengembangkan COVID-19 sebelum mengambil bagian dalam penelitian. Cincin Oura yang dibuat oleh perusahaan rintisan Finlandia mencatat suhu, detak jantung, laju pernapasan, dan tingkat aktivitas.

( )

Para peneliti menemukan bahwa data suhu dari cincin tersebut dapat secara akurat mendeteksi awal demam . NHS menyoroti suhu tinggi sebagai salah satu gejala utama COVID-19. Penemuan ini menjanjikan tetapi jauh dari kesimpulan. Penelitian ini adalah upaya pembuktian konsep dengan hanya 50 peserta.

(Baca Juga : Menhan Prabowo Bicara Soal Corona dan Protokol Kesehatan )

Lebih banyak data diperlukan untuk mengatakan apakah itu alat yang andal untuk mendeteksi virus. Terlebih lagi penulis studi, Benjamin Smarr dan rekan, menemukan permulaan demam terjadi sebelum subyek melaporkan gejala apapun dan pada mereka yang tidak pernah melaporkan gejala.

"Ini mendukung hipotesis bahwa beberapa peristiwa mirip demam mungkin tidak dilaporkan atau tidak diketahui tanpa benar-benar tanpa gejala," kata para peneliti seperti dilansir Express, belum lama ini.

Tujuan akhir dari studi TeamPredict terhadap 65.000 orang yang memakai cincin Oura adalah untuk mengembangkan algoritme yang dapat memprediksi timbulnya gejala COVID-19. Para peneliti berharap dapat mencapai tujuan itu pada akhir tahun dan bahwa inovasi ini akan memungkinkan petugas kesehatan masyarakat bertindak lebih cepat untuk menahan penyebaran virus corona baru.

"Ini bukan hanya masalah sains, ini masalah sosial. Dengan perangkat yang dapat dikenakan yang dapat mengukur suhu, kami dapat mulai membayangkan sistem peringatan dini COVID publik," ujar Smarr.

Untuk mengembangkan algoritma yang canggih, para peneliti perlu mengumpulkan data dari berbagai latar belakang pengguna. Datanya dianonimkan, melindungi informasi pribadi seperti lokasi, dan setiap subyek dikenal dengan nomor identifikasi acak daripada nama atau detail pribadi.

( )

"Jika perangkat yang dapat dikenakan memungkinkan kami untuk mendeteksi COVID-19 sejak dini, masyarakat dapat memulai praktik isolasi fisik dan memperoleh pengujian untuk mengurangi penyebaran virus," papar Ashley Mason, seorang profesor di Departemen Psikiatri dan Pusat Osher untuk Pengobatan Integratif di UC San Francisco.

Produk yang dapat dikenakan seperti cincin Oura ini dapat mengumpulkan data suhu terus menerus sepanjang siang dan malam sehingga memungkinkan para peneliti untuk mengukur dasar suhu sebenarnya dari masyarakat serta mengidentifikasi puncak demam secara lebih akurat.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2300 seconds (0.1#10.140)