Buah Musiman yang Baik untuk Diet

Minggu, 20 Desember 2020 - 22:30 WIB
loading...
Buah Musiman yang Baik untuk Diet
Buah yang hadir secara musiman dikenal memiliki banyak nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh di musim tertentu. Foto Ilustrasi/BigOven
A A A
JAKARTA - Setiap musim seperti musim panas, dingin, atau kemarau akan hadir buah-buahan dan sayuran yang identik dengan musim tersebut. Buah musiman diyakini lebih banyak dicari daripada buah yang ada di semua musim karena bermanfaat untuk mengatasi masalah kesehatan.

Buah yang hadir secara musiman dikenal memiliki banyak nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh di musim tertentu. Contohnya semangka yang baik dikonsumsi saat musim panas karena kandungan airnya yang tinggi. Sementara jeruk sangat disarankan selama musim dingin karena kandungan vitamin C yang dapat melawan flu dan menjaga sistem kekebalan tubuh.

( )

Melansir laman Boldsky, berikut daftar buah musiman yang harus Anda masukkan ke dalam menu diet Anda.

1. Jeruk
Buah ini banyak mengandung antioksidan seperti flavonoid, vitamin C, folat, dan karotenoid. Senyawa tersebut diyakini dapat mencegah risiko kanker, penyakit kardiovaskular, flu, dan banyak penyakit yang disebabkan oleh radang.

2. Stroberi
Buah berwarna merah ini kaya beragam senyawa nutrisi seperti mineral, vitamin, asam fenolik, dan flavonoid sehingga dapat meningkatkan kesehatan sekaligus membantu mencegah penyakit seperti diabetes, obesitas, serta penyakit jantung.

3. Sawo
Buah berwarna cokelat ini penuh dengan sumber mineral, asam askorbat, kalsium, fosfor, tembaga, dan zat besi sehingga dapat membantu mengatur pergerakan usus. Kandungan seratnya pun tinggi.

4. Pepaya
Semua bagian dari buah pepaya mulai daging buah, biji, hingga daun sering digunakan untuk keperluan pengobatan karena banyak mengandung nutrisi antioksidan seperti vitamin C, flavonoid, folat, karoten, dan kalium.

( )

5. Nanas
Nanas memiliki senyawa aktif yang disebut bromelain yang mempunyaj sifat antiinflamasi, antiedematosa untuk mencegah edema, dan antitrombotik untuk mencegah pembekuan darah.

6. Pear
Buah penuh dengan kandungan nutrisi ini populer dikonsumsi di seluruh dunia karena adanya sifat antihyperglycemic, antiinflamasi, dan diuretiknya. Pear bermanfaat untuk mengobati banyak kondisi musiman seperti batuk dan sembelit.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1758 seconds (0.1#10.140)