7 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan

Minggu, 20 Desember 2020 - 17:01 WIB
loading...
7 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan
Minyak zaitun bisa digunakan untuk memasak, kosmetik, obat-obatan, sabun, dan sebagainya. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Minyak zaitun berasal dari buah zaitun, buah dari pohon zaitun. Orang membuat minyak zaitun dengan memeras buah zaitun utuh. Biasanya minyak zaitun digunakan untuk memasak, kosmetik, obat-obatan, sabun, dan sebagai bahan bakar lampu tradisional.

Minyak zaitun awalnya berasal dari Mediterania. Tetapi belakangan minyak ini populer di seluruh dunia. Pada makanan, orang mengawetkan zaitun dalam minyak zaitun atau air asin. Mereka memakannya utuh atau dipotong-potong dan ditambahkan ke pizza dan hidangan lain.

( )

Minyak zaitun juga dapat digunakan sebagai saus untuk roti, saus pasta, atau sebagai saus salad. Beberapa orang mengonsumsi minyak zaitun sesendok untuk tujuan pengobatan.

Banyak penelitian telah melihat manfaat kesehatan dari minyak zaitun. Minyak zaitun extra virgin yang merupakan minyak kualitas terbaik kaya antioksidan, yang membantu mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh molekul yang disebut radikal bebas atau zat yang diproduksi tubuh selama metabolisme dan proses lain. Antioksidan menetralkan radikal bebas.

Jika terlalu banyak radikal bebas yang terbentuk dapat menyebabkan stres oksidatif. Hal ini bisa menyebabkan kerusakan sel dan berperan dalam perkembangan penyakit, termasuk jenis kanker tertentu. Berikut manfaat minyak zaitun, seperti dilansir dari laman Healthline.

1. Kaya Lemak Tak Jenuh Tunggal yang Sehat
Minyak zaitun kaya akan asam oleat tak jenuh tunggal. Asam lemak ini dipercaya memiliki banyak efek menguntungkan dan merupakan pilihan sehat untuk masakan.

2. Mengandung Antioksidan dalam Jumlah Besar
Minyak zaitun extra virgin sarat dengan antioksidan. Beberapa di antaranya memiliki efek biologis yang kuat. Antioksidan ini aktif secara biologis dan dapat mengurangi risiko penyakit kronis.

3. Memiliki Sifat Antiinflamasi yang Kuat
Minyak zaitun mengandung nutrisi yang melawan peradangan. Ini termasuk asam oleat dan juga antioksidan oleocanthal.

4. Membantu Mencegah Stroke
Beberapa penelitian besar menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi minyak zaitun memiliki risiko stroke yang jauh lebih rendah, pembunuh terbesar kedua di negara maju.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1404 seconds (0.1#10.140)