Jangan Kebablasan Saat Rayakan Natal, Tetap Jaga Kesehatan dengan Tips Berikut Ini!

Rabu, 23 Desember 2020 - 10:12 WIB
loading...
Jangan Kebablasan Saat Rayakan Natal, Tetap Jaga Kesehatan dengan Tips Berikut Ini!
Saat merayakan Natal sebaiknya tetap menjaga kesehatan. Aktif olahraga dan menjaga pola makan. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Hari Natal membuat sebagian orang larut dalam perayaan dan lupa untuk menjaga kesehatan. Seperti yang ditunjukkan oleh penelitian, terjadi peningkatan jumlah masalah kesehatan secara mendadak saat Hari Natal.

(Baca Juga : Siapkan Mental, Suntik Vaksin Corona Dimulai Akhir Januari 2021 )

Oleh karena itu, sangat penting untuk berhati-hati dan memperhatikan hal-hal yang Anda makan sambil tetap menikmati semua kemeriahan perayaan dan melewati periode Natal tanpa terlalu berdampak pada kesehatan secara keseluruhan. Lantas bagaimana caranya tetap sehat saat Hari Natal?

Berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar tetap bugar dan sehat selama Hari Natal dilansir dari Boldsky, Rabu (23/12):

Baca juga : Virus Corona Menyebar di Stasiun Riset Antartika, Tercatat 36 Kasus

1. Hindari alkohol

Statistik menunjukkan bahwa konsumsi alkohol meningkat 40% selama Hari Natal. Para ahli kesehatan mengatakan bahwa hal itu dapat menyebabkan efek sementara, seperti sakit kepala, mual, diare dan juga dapat berdampak negatif pada suasana hati, berat badan, dan tidur. Bagi seseorang dengan kebiasaan minum alkohol yang teratur, konsumsi berlebihan dapat menyebabkan kerusakan hati. Oleh karena itu, hindari minum alkohol setiap hari, sebagai gantinya pilih minum air putih.

2. Perhatikan porsi

Studi menunjukkan bahwa rata-rata orang mengonsumsi sekitar 3.000 kalori pada makan malam Natal. Jumlah ini lebih dari asupan harian yang direkomendasikan orang dewasa yakni 2.400 kkal. Mengisi diri Anda dengan semua makanan liburan tidak hanya menyebabkan penambahan berat badan tetapi juga gangguan pencernaan dan mulas.

Oleh karena itu, alih-alih memakan semuanya dalam sekali duduk, istirahatlah selama 20 menit untuk melihat apakah Anda masih lapar. Pastikan untuk mempertimbangkan beberapa tips seperti tidak menghadiri acara apa pun dengan perasaan lapar, membeli terlalu banyak makanan, ngemil buah-buahan dan kacang-kacangan kering dan memperhatikan ukuran porsi Anda.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0995 seconds (0.1#10.140)