Resep Arsik Ikan Mas, Sajian Istimewa Natal Khas Batak

Rabu, 23 Desember 2020 - 11:30 WIB
loading...
Resep Arsik Ikan Mas, Sajian Istimewa Natal Khas Batak
Arsik Ikan Mas. Foto/pinterest
A A A
JAKARTA - Arsik ikan mas merupakan makanan khas Batak yang melegenda. Makanan ini kerap disuguhkan saat hari-hari spesial, seperti Natal dan pernikahan adat Batak. Menurut Indonesia.go.id, biasanya, arsik ditata di atas nampan besar bersama sayuran dan nasi putih.

Arsik ikan mas pada dasarnya merebus ikan mas dengan menggunakan beragam rempah dan bumbu. Bumbu yang digunakan berupa asam cekala, bunga kecombrang, lokio (bawang Batak), kacang tanah, kemiri, kunyit, bawang putih dan bawang merah, cabai merah, jahe, asam gelugur, daun jeruk, daun salam, lengkuas, sereh dan andaliman serta garam.

Baca juga : Kue Kering Cornflakes, Cocok untuk Hampers Natal

Arsik akan lebih gurih jika menggunakan ikan mas yang sedang bertelur. Karena resapan bumbu pada telur akan menciptakan cita rasa sedap dan gurih. Kandungan protein pada telur bercampur dengan bumbu arsik memberikan sensasi tersendiri pada lidah. Arsik ikan mas hingga hari ini mudah ditemukan di rumah-rumah makan khas Batak.

Tertarik membuat arsik ikan mas untuk Hari Natal? Berikut resep membuat arsik ikan mas dikutip dari Cookpad, Rabu (23/12).

Bahan-bahan :
1 kg ikan mas
Segenggam andaliman
15 buah cabai merah keriting
10 buah cabai rawit merah
8 butir bawang merah
5 siung bawang putih
1 ruas jahe
1 ruas lengkuas
2 ruas kunyit
4 butir kemiri
2 batang serai
2 buah kincung atau kecombrang
10 buah asam cekala atau buah kecombrang
150 gr kacang panjang
100 gr bawang batak
1 liter air
Garam secukupnya

Baca juga : Yummy! Ini Makanan Khas Indonesia yang Disajikan Saat Natal

Cara membuat :

Cuci bersih ikan mas, potong sesuai selera. Haluskan cabai merah keriting, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, lengkuas, andaliman, dan kemiri dengan sedikit air. Geprek serai dan asam cekala. Potong-potong kacang panjang sekitar 5 cm.

Bersihkan bawang batak dari daun-daunan yang kering, biarkan panjang-panjang. Susun di wajan mulai serai, asam cekala, bawang batak, kecombrang dan kacang panjang. Lalu taruh diatas ikan mas yang sudah dipotong-potong dan bumbu halus.

Tambahkan air hingga ikan terendam. Tambahkan garam sesuai selera. Masak hingga air hampir kering. Setelah air hampir kering, angkat dan sajikan. Arsik semakin enak jika dipanaskan keesokan harinya. Bumbunya semakin meresap.
(wur)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1097 seconds (0.1#10.140)