Tips Makan Sehat saat Natal agar Bobot Badan Tidak Membengkak

Rabu, 23 Desember 2020 - 22:02 WIB
loading...
Tips Makan Sehat saat Natal agar Bobot Badan Tidak Membengkak
Hari Natal kerap dimanfaatkan untuk memanjakan diri dengan mengonsumsi makanan manis, pedas, bersantan hingga kalori tinggi. / Foto: Ilustrasi/Hip & Healthy
A A A
JAKARTA - Hari Natal kerap dimanfaatkan untuk memanjakan diri dengan mengonsumsi makanan manis, pedas, bersantan hingga kalori tinggi. Meski terasa nikmat dan menyenangkan, namun kebiasaan ini bisa menyebabkan berat badan bertambah.

(Baca juga: 5 Sajian Khas Hari Natal di Berbagai Belahan Dunia )

Penelitian telah menemukan bahwa selama liburan , orang biasanya menambah sedikit berat badan. Temuan ini tidak mengherankan, tetapi penelitian juga menunjukkan bahwa orang biasanya tidak mengubah berat badan itu sebelum musim liburan berikutnya tiba.

Namun, Anda tidak perlu khawatir. Pasalnya, hal ini dapat dihindari dengan makan secara sehat . Berikut tips makan sehat saat Natal agar berat badan tidak bertambah dilansir dari BBC Good Food, Rabu (23/12).

1. Mulai hari dengan sarapan yang sehat

Bubur menstabilkan kadar gula darah, yang membantu mengontrol nafsu makan di kemudian hari. Ahli gizi, Kerry Torrens menyarankan menambahkan sesendok yogurt probiotik, yang membantu mendukung sistem kekebalan dan meningkatkan kesehatan pencernaan, serta memerangi beberapa efek yang kurang menguntungkan dari perayaan, seperti terlalu banyak alkohol dan kurang tidur.

2. Tetap terhidrasi

Tetaplah terhidrasai dengan minum delapan gelas air, banyak teh herbal atau jus yang diencerkan setiap hari. Dehidrasi ringan dapat menyebabkan sakit kepala dan dikombinasikan dengan efek diuretik alkohol, membuat asupan cairan menjadi sangat penting.

3. Sertakan camilan sehat dan tepat waktu

Pastikan Anda mengonsumsi camilan sehat seperti yogurt tawar dengan irisan pisang saat perayaan. Protein yogurt memperlambat pengosongan perut, yang membantu menunda efek dari segelas anggur pertama, sementara pisang kaya kalium membantu menyeimbangkan peningkatan asupan garam.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1151 seconds (0.1#10.140)