Penanganan Covid-19, Pelindo III Sumbang Ambulance ke RS PHC

Kamis, 24 Desember 2020 - 00:49 WIB
loading...
Penanganan Covid-19, Pelindo III Sumbang Ambulance ke RS PHC
Rumah Sakit PHC mendapat bantuan dari Pelindo III berupa satu ambulance p-aling langkap untuk menangani covid-19 yang belum menunjukkan tanda berakhir. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Pandemi covid-19 masih belum menunjukkan tanda berakhir. Hal ini membuat PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III terus memberikan dukungan kepada pemerintah. Salah satunya dengan memberikan mobil ambulance kepada Rumah Sakit PHC sebagai wujud implementasi Core Values BUMN AKHLAK, yang berupaya peningkatan kesehatan masyarakat dan pemulihan ekonomi nasional.

Direktur Utama Pelindo III U Saefudin Noer mengatakan fasilitas mobil ambulance ini sebagai mobil dengan peralatan pendukung paling komprehensif yang ada di Jawa Timur. Kendaraan ini dilengkapi Defibrilator, ECG monitor, Suction pump, Brankart, Syringe pump, Kursi Roda, dan Ventilator portable yang mampu bertahan lebih dari 4 jam pasca dilepas dari sistem dalam mobil. (Baca juga: Aktor Kim Won Hae juga Dinyatakan Positif COVID19 )

“Sebelumnya kami memberikan bantuan alat pelindung diri kepada tenaga Kesehatan dan kali ini kami memberikan satu unit mobil ambulance kepada Rumah Sakit PHC,” kata Saefudin dalam keterangannya, Rabu (23/12).

Sebagai BUMN, pihaknya mendapat amanah untuk turut serta dalam upaya peningkatan kesehatan masyarakat pada masa pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional. Dia berharap dengan adanya mobil ambulance ini penanganan pelayanan kegawat daruratan (emergency) bagi pasien Covid-19 yang memiliki gejala penyerta dapat lebih baik.

“RS PHC merupakan salah satu rumah sakit rujukan Covid-19 di Surabaya yang menerima banyak pasien dari berbagai kalangan, sehingga penting bagi RS PHC untuk melakukan penanganan terbaik dengan dukungan fasilitas yang baik, dan bantuan dari Pelindo III ini diharapkan mampu mendukung hal tersebut,”kata Saefudin.

Sementara, Direktur Utama RS PHC Abdul Rofid Fanani mengatakan mobil ambulance bantuan dari Pelindo III dinilai sangat mumpuni karena dilengkapi berbagai peralatan khusus penanganan Covid-19. Kelengkapan tersebut membuat ambulance ini menjadi satu-satunya mobil ambulance siaga Covid-19 dengan peralatan terlengkap dan komprehensif yang ada di Jawa Timur.

Direktur SDM Pelindo III Edi Priyanto menambahkan, hingga November 2020, Pelindo III telah menyalurkan hibah sebagai bentuk tanggung jawab sosial dan lingkungan sebesar Rp52 miliar. Hibah tersebut disalurkan ke berbagai sektor, seperti pendidikan, kesehatan, sarana dan prasarana umum, serta bantuan alam dan non alam.

“Karena tahun ini Indonesia dan banyak negara sedang menghadapi pandemi Covid-19, bantuan yang kami berikan lebih banyak diarahkan pada sektor kesehatan. Namun kami juga tetap fokus pada pemulihan ekonomi nasional akibat dampak dari pandemi ini,” kata Edi. (Baca juga: Arya Saloka Bongkar Rahasia Amanda Manopo, Sinetron Ikatan Cinta Makin Seru )

Untuk sektor kesehatan, Pelindo III telah memberi bantuan 12 ribu hazmat yang diserahkan ke tujuh rumah sakit di wilayah Jawa Timur. Pelindo III juga menyalurkan 5.000 paket sembako di Denpasar. PT Pelindo III juga membantu meningkatkan UMKM dengan memberikan bantuan berupa stimulus penundaan angsuran hingga restrukturisasi pinjaman terhadap Mitra Binaan yang terdampak pandemi Covid-19 diantaranya di Jawa Tengah sebesar Rp 1,3 miliar, selain itu juga kepada 54 UMKM binaan dengan nilai pinjaman mencapai Rp 3,8 miliar.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3136 seconds (0.1#10.140)