Menghias Rumah dengan Ornamen Natal Minim Anggaran

Rabu, 23 Desember 2020 - 10:04 WIB
loading...
Menghias Rumah dengan Ornamen Natal Minim Anggaran
Ornamen penghias rumah tidak harus baru untuk menyemarakkan Natal. (Foto: Dok/Elledecor)
A A A
MENYAMBUT perayaan Natal sudah menjadi suatu kemeriahan tersendiri yang dirasakan setiap keluarga yang merayakannya. Anggaran pun harus diatur agar tidak menguras isi kantong.

Berbagai ornamen penghias Natal yang telah tersimpan lama dikeluarkan lagi mulai dari pohon Natal hingga berbagai ornamen kecil yang sarat suasana Natal. Ada juga yang berburu ornamen baru untuk berganti suasana atau sekadar mengganti ornamen yang sudah rusak.

Tidak heran bila dalam setahun ornamen ini memang lebih sering diletakkan di gudang dan hanya satu kali digunakan. Debu atau karat mulai hinggap dari tahun ke tahun, sehingga usia pakai ornamen tersebut menurun.

Anda yang ingin menghias rumah tapi sedang kebingungan harus mulai dari mana, kini tidak perlu khawatir lagi. Saat berbelanja tentukan dahulu area yang ingin dijadikan target hiasan Natal. Anda perlu menghabiskan waktu setidaknya 5 sampai 10 menit untuk berkeliling di dalam rumah dan menentukan area yang akan dihias.

"Jika rumah mungil, pusatkan hiasan pada area yang sifatnya publik atau paling banyak digunakan semua orang, misalnya ruang keluarga atau ruang makan. Setelah membuat daftar, tentukan juga jenis hiasan Natal yang akan digunakan," jelas desainer interior Max Gunawan.

Meski sedikit merepotkan, tahap ini akan mengerucutkan kebutuhan dan membimbing Anda melakukan langkah-langkah selanjutnya. Inilah hal yang paling mendasar dan sangat penting saat berbicara tentang berburu ornamen Natal.

Anda pun harus membuat daftar barang yang hendak dibeli dan harga maksimal yang ingin Anda keluarkan untuk membeli masing-masing barang. Ini akan mencegah Anda melakukan pengeluaran di luar batas untuk barang-barang yang sebenarnya kurang Anda butuhkan.

"Menentukan tempat berbelanja ornamen semua tergantung besarnya anggaran yang telah ditentukan sebelumnya. Kalau anggarannya besar, mal bisa jadi pilihan, tapi kalau anggaran terbatas pusat grosir bisa dijadikan tujuan," ungkap Max.

Jika Anda jatuh cinta dengan satu dua ornamen cantik yang dijual dengan harga mahal, cobalah luangkan waktu lebih lama mencari ornamen serupa dengan harga miring di pusat grosir. Setelah menentukan tempat berbelanja, Anda bisa menghias bagian rumah mulai yang terkecil seperti di bagian ambalan. Area ini dapat Anda gunakan untuk memajang berbagai ornamen Natal yang ukurannya tidak terlalu besar untuk digantung.

"Ada cara yang mudah untuk membuat ornamen pengisi ambalan di rumah. Gunakan pita Natal yang lebar dan berbahan kaku, kemudian buatlah bentuk kerucut dengan cara menggulung pita," tutur pria yang pernah bekerja di perusahaan desain besar di San Fransisco ini.

Selain ambalan, pintu juga bisa Anda hias dengan ornamen Natal. Memasang ornamen Natal yang ceria di area ini akan membawa orang ke dalam suasana Natal dan siap menyambut suasana yang lebih meriah di dalam rumah.

"Bisa menggantungkan krans Natal cantik pada bagian atas kusen pintu. Tambahkan untaian krans daun dan ornamen bola yang diikat," kata Max. (Aprilia S Andyna)
(wan)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2028 seconds (0.1#10.140)
pixels