WeCare.id Resmi Luncurkan #APDUntukNegeri

Jum'at, 17 April 2020 - 00:30 WIB
loading...
WeCare.id Resmi Luncurkan #APDUntukNegeri
Sejak dibukanya program #APDuntukNegeri, Wecare.id berhasil mengumpulkan lebih dari Rp8 miliar donasi untuk penyediaan APD tenaga kesehatan, namun itu masih sangat kurang. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Pandemi COVID-15 belum menunjukkan penurunan kurva, sementara kasusnya terus menyebar ke berbagai daerah di 34 provinsi di Indonesia.

Tidak hanya protokol penanganan dan edukasi pencegahan COVID-19, yang saat ini juga dibutuhkan adalah akselerasi dalam pemenuhan kebutuhan pelayanan kesehatan serta alat perlindungan diri (APD) guna mencegah transmisi virus bagi tenaga medis.

Kondisi yang terjadi saat ini adalah, masih banyak tenaga medis di Indonesia yang belum mendapatkan APD dengan layak dan lengkap. Per 14 April 2020 didapatkan data bahwa 206 tenaga medis terinfeksi SARS-COV2 di Jakarta, dan 9 di antaranya meninggal dunia (3 perawat, 3 dokter spesialis, 1 manajemen RS, 1 dokter gigi, dan 1 pihak administrasi).

Untuk data di seluruh Indonesia, sudah didapatkan 24 dokter dan 12 perawat yang meninggal (9% dari keseluruhan individu meninggal akibat COVID-19). Jika diambil persentasenya, angka tersebut sangat tinggi dibandingkan di China dengan keseluruhan kasus tenaga medis yang meninggal hanya 1% dari total individu yang meninggal.

dr. Mesty Ariotedjo, salah satu pendiri WeCare.id menyampaikan, tingginya tingkat kematian tenaga medis dalam penanganan COVID-19 di Indonesia disebabkan terutama karena minimnya APD. Wecare.id, sebuah platform penggalangan dana kesehatan, melalui program #APDuntukNegeri telah berusaha menyalurkan bantuan APD ke berbagai rumah sakit, klinik, puskesmas, dan pusat layanan kesehatan lain.

"Saat ini kami telah mendistribusikan APD ke lebih dari 400 fasilitas kesehatan di berbagai daerah di Indonesia. Tentu ini masih jauh dari cukup. Kerja sama WeCare.id dengan berbagai pihak dan juga masyarakat dalam menggalang dana terus dilakukan. Kami terus mengusahakan agar APD dapat diperoleh dan segera didistribusikan secara merata, tepat guna serta tepat sasaran sehingga bermanfaat bagi para tenaga kesehatan yang sedang bertugas dalam masa kedaruratan melawan COVID-19," kata dr. Mesty melalui keterangan tertulis yang diterima SINDOnews.



Sejak dibukanya program #APDuntukNegeri, Wecare.id berhasil mengumpulkan lebih dari Rp8 miliar donasi untuk penyediaan APD tenaga kesehatan.

"Namun, ternyata kebutuhan dana untuk memenuhi kebutuhan APD minimal yang kami kirimkan masih jauh dari cukup, yaitu sekitar Rp50 miliar untuk kebutuhan APD minimal di 2.000 fasilitas kesehatan. Hingga saat ini Wecare.id sudah menerima lebih dari 1.700 rumah sakit dan fasilitas kesehatan yang melapor kekurangan APD melalui aplikasi maupun website," sebut dr. Mesty.

"Penggalangan dana bersama masyarakat terus kami lakukan, termasuk bantuan kerja sama dengan 50 lebih partners Wecare.id dalam program #APDuntukNegeri seperti Tokopedia, PT Paragon Technology and Innovation, The Body Shop, Si Cepat, Indika Foundation, Kitabisa.com, Sayur Box, dan Ycab Foundation," pungkas dr. Mesty.
(tsa)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3732 seconds (11.210#12.26)