Pariwisata Semakin Membaik, Akhir Tahun Jadi Capaian Rekor Tertinggi Pemesanan Hotel

Minggu, 27 Desember 2020 - 12:12 WIB
loading...
Pariwisata Semakin Membaik, Akhir Tahun Jadi Capaian Rekor Tertinggi Pemesanan Hotel
Sektor pariwisata semakin membaik pada periode akhir tahun 2020, terutama ada capaian rekor pemesanan hotel untuk liburan akhir tahun. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Sektor pariwisata semakin membaik pada periode akhir tahun 2020, terutama ada capaian rekor pemesanan hotel untuk liburan akhir tahun.

Hal ini terbukti dengan volume transaksi di bulan November untuk pemesanan hotel dengan tujuan utama, Bali dan Yogyakarta, yang mencapai angka tertinggi di tahun 2020 serta transaksi pembelian tiket penerbangan untuk rute favorit, yang meningkat 8 kali lipat bila dibandingkan bulan-bulan sebelumnya.

( )

Dalam acara virtual akhir tahun belum lama ini, Co-Founder & Chief Marketing Officer tiket.com Gaery Undarsa memaparkan rangkaian prestasi yang diukir pada kuartal ke-4. Yaitu per November 2020, di mana tingkat pemulihan okupansi sektor perhotelan meningkat 67% dan transaksi harian pemesanan tiket pesawat pun terbang setinggi 56% dibandingkan dengan data kuartal ketiga tahun 2020.

(Baca Juga : Bangkitkan Pariwisata, Sandi Uno Pakai Jurus Putus Urat Pesimistis )

Menurutnya, industri pariwisata menjadi sektor yang paling terdampak selama pandemi, namun ada rebound terutama sejak November lalu saat tiket.com melakukan program OTW Lokal. Gaery menjelaskan, rekor pemesanan hotel tersebar di kota seperti Bandung, Surabaya, Yogyakarta, dan Bali yang merupakan destinasi favorit. Sementara pada pembelian tiket pesawat kenaikan hampir 60%, dibandingkan sebelumnya dan dibeli juga untuk Desember ini.

“Prestasi ini mengukuhkan peran tiket.com sebagai pioneer OTA Indonesia yang siap menjadi yang pertama membantu pemerintah membangkitkan pariwisata nasional dan menggerakkan ekonomi nasional, membantu saudara-saudara kita yang bekerja di sektor dan subsektor pariwisata untuk kembali tersenyum serta berjaya seperti sebelumnya,” ungkap Gaery.

Tren ini pun dirasakan oleh I Ketut Alam Wangsawijaya, EVP Transaction Banking Business Development PT Bank Central Asia Tbk. Menurut data BCA, secara menyeluruh, pada kurtal ke-4 pihaknya melihat bahwa pembelanjaan kategori travel mengalami peningkatan dibandingkan kuartal sebelumnya.

I Ketut Alam mengungkapkan, travel memang sudah menjadi kebutuhan masyarakat termasuk nasabah BCA, namun demikian dalam kondisi pandemi diharapkan masyarakat maupun pelaku industri tetap menerapkan protokol kesehatan dengan baik, sehingga selalu aman dan nyaman.

( )

“Untuk kemudahan dalam pemilihan keperluan travel, beragam inovasi kemudahan pun diluncurkan oleh BCA. Salah satunya adalah fitur pemesanan hotel, tiket pesawat, dan tiket kereta api pada mobile banking BCA, yang kami beri nama Mobile BCA Lifestyle,” tambah Ketut.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1644 seconds (0.1#10.140)