Suka Jajan di Pinggir Jalan? Hati-hati, Bisa Meningkatkan Risiko Tifus

loading...
Suka Jajan di Pinggir Jalan? Hati-hati, Bisa Meningkatkan Risiko Tifus
Suka makan di pinggir jalan atau sembarang tempat? Hati-hati, Anda memiliki risiko terkena tifus atau yang juga dikenal dengan nama demam tifoid. Foto/Istimewa.
JAKARTA - Anda suka makan di pinggir jalan atau sembarang tempat? Hati-hati kebiasaan ini dapat membahayakan kesehatan. Pasalnya Anda berisiko terkena tifus atau yang juga dikenal dengan nama demam tifoid.

Penyakit ini disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella tifosa yang bisa menyerang berbagai organ di tubuh. Deman tifoid sangat mudah menular lewat makanan maupun minuman yang mengandung bakteri. (Baca juga: Waspada! Pandemi Membuat Angka Stunting Terus Bertambah )

“Individu juga dapat terinfeksi bakteri akibat penanganan makanan atau minuman yang kurang higienis,” kata Dr. Jerry Balentine dari Rumah Sakit St. Barnabas di Bronx, AS, dikutip dari Webmd.

Bisa juga karena menggunakan air terkontaminasi dari sumber air yang digunakan untuk keperluan mencuci.



Guna mencegah penularan bakteri dari penderita yang baru pulih dari demam tifoid ini, ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Salah satunya dengan mencuci tangan secara rutin, terlebih lagi sebelum makan dan setelah menggunakan toilet.

Perlu diingat, ketika mencuci tangan, gosoklah tangan dengan sabun pada air mengalir minimal 20 detik. Ada baiknya Anda menggunakan barang pribadi secara terpisah. Umpamanya, peralatan makan. Dan bagi mereka yang baru sembuh dari penyakit ini, sebaiknya tidak menyiapkan makanan untuk orang lain hingga dinyatakan sembuh total oleh dokter.

Mulai saat ini sebaiknya kurangi pula intensitas membeli makanan di kaki lima, mengingat higienitas makanan yang disajikan kurang diperhatikan. Bukan tidak mungkin, makanan tersebut mengandung bakteri.



Bukan hanya makanan yang dapat terkontaminasi bakteri, melainkan juga peralatan makan dan tangan Anda sendiri. Karenanya, jika pun ingin makan di kaki lima, sebaiknya perhatikan kondisi warungnya, apakah bersih termasuk peralatan makannya. (Baca juga: 5 Hal Ini Picu Sakit Asma, Nomor 2 Harus Sangat Dihindari )

Akan lebih baik jika makanan yang dipilih adalah yang panas, dengan demikian akan membunuh bakteri yang ada di dalamnya. Untuk mengolah makanan pun harus baik dan matang. Termasuk mencuci ikan yang harus dilakukan hingga bersih dan dimasak hingga matang. Hal ini juga berlaku ketika mengolah makanan yang lain.
(tdy)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top