Tips Jitu Menghilangkan Bekas Jerawat, Bisa denga Bahan Alami

Selasa, 29 Desember 2020 - 19:10 WIB
loading...
Tips Jitu Menghilangkan Bekas Jerawat, Bisa denga Bahan Alami
Bekas jerawat terkadang lebih sulit dihilangkan dibandingkan mengempiskan jerawat itu sendiri. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkannya. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Bekas jerawat terkadang lebih sulit dihilangkan dibandingkan mengempiskan jerawat itu sendiri. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bekas jerawat yang membandel.

Dermatolog, Dr. Howard Murad menerangkan ketika jerawat berbekas, tekstur kulit menjadi tak merata. Wajah pun akan dihiasi dengan noda hitam yang bisa menurunkan kepercayaan diri. (Baca juga: Jerawatan Karena Masker? Hilangkan dengan Perawatan DNA Salmon )

Bekas jerawat paling sering muncul di tempat jerawat yang paling meradang. Jerawat yang meradang akan dipenuhi kolagen, bercampur dengan kulit mati, pori-pori akan menjadi bengkak yang menyebabkan kerusakan pada dinding folikel.

“Namun secara alami, kulit akan memproduksi kolagen kembali untuk memperbaiki kondisi kulit,” kata Murad seperti yang dilansir graziadaily.

Murad juga mengatakan bahwa penyebab bekas jerawat berasal dari kolagen itu sendiri. Ketika produksi kolagen di kulit sedikit maka kulit wajah akan bergelombang ke dalam atau menjadi berlubang. “Sedangkan ketika kelebihan kolagen, kulit wajah bisa timbul titik-titik bengkak,” ujar Murad.

Eksfoliasi atau pengelupasan kulit menurut Murad menjadi salah satu cara untuk menyingkirkan kulit mati dan bekas jerawat. “Pakailah produk pengelupas kulit seperti peeling atau scrub yang mengandung alpha hydroxy acids (AHA). Kandungan tersebut mempercepat pergantian kulit baru,” ujar Murad.

Cara lain untuk menghilangkan bekas jerawat adalah dengan metode laser. Menurut Murad, proses pengerjaannya menggunakan energi tinggi cahaya yang bekerja untuk menghilangkan bekas jerawat, bahkan mencegah keriput.

Cara lain yang menurut Murad bisa dilakukan untuk menghilangkan bekas jerawat adalah menggunakan ramuan bahan alami rumahan. Mulai dari irisan kentang, lidah buaya, mentimun, tomat, es batu, hingga madu. (Baca juga: Viral di TikTok, Apakah Plester Jerawat Beneran Ampuh? )

“Anda bisa mengaplikasikan irisan tersebut pada area yang berjerawat atau menjadikannya sebagai masker wajah,” ujar Murad.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1893 seconds (0.1#10.140)